Tidak Hanya Diabetes, Kurangi Konsumsi Gula juga Bisa Menyembuhkan 4 Penyakit ini

0
ilustrasi

RILITAS.COM, Kesehatan – Anda pasti setuju jika gula sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperoleh energi. Akan tetapi, jika mengonsumsi gula secara berlebih, maka manfaat dari gula tersebut akan menjadi suatu yang berbahaya.

Pasalnya, mengonsumsi gula secara berlebihan dapat mengundang berbagai penyakit seperti diabetes dan obesitas. Sehingga, sangat disarankan jika konsumsi gula dikurangi demi alasan kesehatan.

Jika Anda ingin mengurangi konsumsi gula, bukan hanya penyakit diabetes dan obesitas saja yang dapat dicegah dan disembuhkan, melainkan berbagai jenis penyakit lainnya juga tidak akan mengancam kesehatan Anda. Lantas, apa saja penyakit yang bisa dicegah dan disembuhkan ketika konsumsi gula dikurangi?

1. Penyakit Jantung

Jantung merupakan organ vital yang harus selalu dijaga kesehatannya, sebab jika terjadi masalah pada jantung akan berakibat fatal. Untuk menghindari risiko penyakit jantung, salah satu caranya adalah dengan mengurangi konsumsi gula. Hal ini dikarenakan gula bisa menyebabkan peningkatan LDL atau kolesterol jahat yang kemudian menyempitkan arteri.

2. Penyakit Autoimun

Bagi Anda yang memiliki penyakit autoimun disarankan untuk mengurangi konsumsi gula. Karena gula bisa meingkatkan peradangan di tubuh. Selain itu, gula juga menyebabkan mikrobiota di usus, merusak kesehatan pencernaan, dan membuat penyakit autoimun semakin memburuk. Untuk itu, Anda dianjurkan untuk mengurangi konsumsi gula agar peradangan dan gangguan autoimun di tubuh menurun.

3. Hati Berlemak

Selain jantung, hati juga merupakan organ vital yang harus selalu dijaga kesehatannya. Seperti yang Anda ketahui bahwa hati berfungsi untuk metabolisme fruktosa yang bisa menyebabkan akumulasi lemak. Jika Anda mengonsumi gula secara berlebihan, maka lemak yang dihasilkan oleh hati akan semakin banyak dan menyebabkan hati meradang dan berlemak. Oleh sebab itu, Anda harus mengurangi konsumsi gula agar hati berlemak dan gangguan peradangan akan berkurang.

4. Kecanduan

Jika Anda seorang perokok dan peminum alkohol, maka berhati-hatilah dengan gula. Mengonsumsi gula terlalu banyak akan membuat Anda semakin kecanduan untuk selalu merokok dan meminum alkohol. Hal ini terjadi karena gula dapat melepaskan dopamine di otak yang akan membuat Anda selalu ingin merokok. Akan tetapi, pada saat Anda mengurangi konsumsi gula, kemungkinan besar Anda tidak akan kecanduan lagi.(ds)

LEAVE A REPLY