Lembaga Kesehatan Internasional Bantu Program KIA di Kabupaten Serang

0
Project Hope saat mengunjungi salah satu Puskesmas di Kabupaten Serang. (Foto: Henny/Rilitas)
Project Hope saat mengunjungi salah satu Puskesmas di Kabupaten Serang. (Foto: Henny/Rilitas)

RILITAS.COM, Serang – Para pimpinan lembaga kesehatan internasional Project Hope melakukan audiensi soal Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dengan jajaran Pemda Kabupaten Serang, di Aula Tubagus Sam’un, Pemda Kabupaten Serang, Senin (31/10/2016).

Dalam pertemuan ini, Sekda Pemkab Serang Lalu Antarusalam Rais yang mewakili Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengaku sangat bersyukur pihaknya mendapatkan bantuan dari pemerintah luar.

“Saat ini berbagai program pemerintahan, terutama program kesehatan banyak yang terkendala anggaran, kita sangat bersyukur dengan adanya bantuan ini. Dan juga saat ini kasus kematian ibu dan anak Kabupaten Serang memang cukup tinggi,” kata Lalu.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Serang Dokter Sri Nurhayati mengungkapkan jika tingginya angka kematian ibu dan anak disebabkan berbagai faktor terutama karena rendahnya pendidikan.

“Banyak faktor, kurangnya pendidikan kesehatan, terbatasnya sumber daya manusia yang kompeten, dan juga anggaran,” ungkap Sri.

Sementara delegasi pimpinan Project Hope, executive vice presiden Linda Heitzman mengungkapkan kebahagiaannya karena pihaknya bisa membantu program kesehatan ibu anak di kabupaten ini dengan program pelatihan poned untuk dokter puskesmas, bidan dan perawat sehingga mampu menangani kasus kegawat daruratan dan berbagai pelatihan lainnya, serta membantu peralatan dan obat kegawatdaruratan.

“Kami nanti akan kembali berkoordinasi dengan Johnson and Johnson sebagai penyandang dana untuk kembali membantu program KIA di Kabupaten Serang,” kata Linda.

Dalam kunjungan ke Kabupaten Serang ini, para pimpinan Project Hope juga menyempatkan diri berkunjung ke Puskesmas dan Posyandu yang masuk dalam program mereka. Selain bertemu dengan kader Posyandu dan memantau metode penangan pasien, mereka juga memantau berbagai fasilitas kesehatan yang ada. (Hen)

LEAVE A REPLY