Mulailah Menulis di Buku Harian Jika Ingin Sukses

0
Ilustrasi. (Foto:Dok/NET)

RILITAS.COM, Jakarta – Siapapun dari kita pastilah ingin meraih kesuksesan dalam karier maupun bisnis Anda. Siapa sangka, ternyata kesuksesan bisa muncul dari hal-hal kecil yang biasa Anda lakukan dan menjadi rutinitas.

Mengutip Business Insider, Senin (2/1/2017), ada beberapa hal yang bisa Anda jadikan kebiasaan agar kesuksesan meliputi hidup dan karier Anda.

1. Menulis buku harian

Meski kesannya sepele, menulis buku harian ternyata mampu menggiring Anda pada kesuksesan. Beberapa figur tersohor dalam sejarah, seperti kaisar Romawi Marcus Aurelius dan kaisar Perancis Napoleon Bonaparte menulis buku harian. Sebuah studi menemukan bahwa menulis pikiran dan isi hati Anda dalam buku harian membantu mahasiswa melewati peristiwa-peristiwa yang menimbulkan stres.

2. Meditasi

Riset menemukan bahwa meditasi memberikan beragam manfaat bagi kesehatan mental dan fisik. Meditasi ampuh memperbaiki daya ingat hingga meningkatkan minat dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, beberapa orang sukses yang terkenal seperti CEO Twitter Jack Dorsey dan presenter kenamaan Oprah Winfrey juga melakukan meditasi secara teratur.

3. Membaca

Beberapa orang paling sukses di dunia, termasuk orang terkaya di dunia Bill Gates, adalah seorang kutu buku. Investor kawakan Warren Buffett kabarnya menghabiskan 80 persen harinya dengan membaca. Pada tahun 2015 lalu, CEO Facebook Mark Zuckerberg berikrar membaca sebuah buku tiap dua minggu. Nah, untuk mulai giat membaca, Anda bisa memulai dengan membaca buku mengenai apa saja yang Anda tertarik.

4. Berkomitmen pada rutinitas pagi

Ternyata, rutinitas di pagi hari bisa berpengaruh pada kesuksesan Anda. Kalau Anda penasaran seperti apa rutinitas pagi itu, telusuri saja rutinitas pagi orang-orang paling sukses di dunia. Miliarder John Paul DeJoria, misalnya, menghabiskan beberapa menit di pagi hari untuk menenangkan diri dan berpikir. Selain itu, pebisnis wanita sukses AS Kat Cole memulai hari dengan banyak minum air putih.

5. Berolahraga secara teratur

Kabarnya, orang-orang paling sukses di dunia tetap fit dan aktif dengan cara berolahraga setidaknya satu jam per hari. Olahraga pun dipandang sebagai kebiasaan teratas orang-orang super sukses tersebut.

6. Tidak berada di kantor sepanjang hari

Orang-orang sukses tidak menghabiskan seluruh waktunya di kantor. Bukan berarti malas, tapi mereka menemukan banyak tempat di luar kantor di mana mereka bisa benar-benar kreatif dan produktif. Riset pun menunjukkan bahwa para pegawai yang paling inovatif di sebuah perusahaan bisa membagi waktu antara kerja di dalam kantor dan di luar kantor.

Sebuah survei pun menunjukkan bahwa 80 persen adalah proporsi waktu ideal per minggu yang harusnya dihabiskan di kantor dan sisanya bekerja di luar kantor.

Sumber: Kompas

LEAVE A REPLY