Dua Bom Bunuh Diri di Nigeria, 13 Orang Tewas

0
Ilustrasi teroris. (Foto: Dok/Net)
Ilustrasi. (Foto: Dok/Net)

RILITAS.COM, Internasional – Setidaknya 13 orang tewas dan lebih dari 50 orang terluka akibat ledakan dua bom bunuh diri di pasar pagi yang sibuk di Kota Biu, 185 kilometer di selatan Ibu Kota Negara Bagian Borno, Maiduguri, Nigeria, Sabtu (2/12) waktu setempat.

“Dua perempuan pelaku bom bunuh diri masuk ke Kota Biu,” kata seorang juru bicara kepolisian lokal, seperti dikutip kantor berita AFP. “Salah satunya meledakkan sebuah IED (improvised explosive device) yang dililitkan ke tubuhnya di dalam pasar, sedang satu lagi meledakkan dirinya di luar pasar.”

Polisi berkata korban tewas mencapai 13 orang. Tapi juru bicara milisi sipil setempat, Ibrahim Saidu Maniya, berkata angka korban tewas mencapai 18 orang.

Belum ada satu pihak pun yang mengklaim mengaku bertanggung jawab atas ledakan tersebut. Namun, Boko Haram, kelompok pemberontakan di Nigeria, sudah terkenal biasa memakai perempuan dan remaja sebagai pelaku bom bunuh diri.

“Itu adalah ledakan yang sangat hebat, karena bisa didengar di seluruh kota,” ujar penduduk Biu, Ahmad Babagana.

“Saya mendengar ledakan besar dan asap tebal yang muncul dari arah pasar,” kata Zakari Tiko, penduduk Biu. “Saya segera tahu, pasar sudah diserang.”

Biu dan desa-desa di sekitarnya sudah berulang kali terhantam bom, yang dipersalahkan pada Boko Haram, selama delapan tahun terakhir. Pada Agustus 2015, sebuah bom bunuh diri menewaskan setidaknya 50 orang di pasar.

Sejak Boko Haram merajalela, setidaknya 20.000 orang tewas dan lebih dari 2,6 juta lainnya kehilangan rumahnya di Nigeria. (ded/cnn)

LEAVE A REPLY