Hilal Belum Terlihat, Lebaran Diperkirakan Rabu 5 Juni

0
Mencari Hilal untuk Menentukan Bulan Ramadan.(Foto:Dok/Net)

RILITAS.COM, Serang –  Hilal atau bulan baru belum terlihat dari pemantauan di Masjid Al-Musari’in, Besmol, Kembangan, Jakarta Barat, Senin (3/6). Karena hilal belum terlihat, Ramadan akan digenapkan menjadi 30 hari hingga besok dan Idul Fitri 1440 Hijriah diperkirakan jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019.

Pengurus Masjid Al-Musari’in, Mawardi mengatakan hasil ini didapatkan setelah langit terlihat mendung, sehingga menyulitkan penglihatan hilal. Tak hanya itu, sudut elongasi bulan juga terpantau rendah, yakni 0,5 derajat. Biasanya, hilal terlihat jika sudut elongasi mencapai 3 derajat di langit yang cerah.

“Hilal ini bulannya cukup kecil, sehingga akan sulit dipantau jika cuacanya tengah mendung,” ujar Mawardi, Senin (3/6).

Namun demikian, Masjid Al-Musari’in tidak akan melaksanakan rukyatul hilal esok hari lantaran bulan ramadan tak akan mungkin lebih banyak dari 30 hari. Maka dari itu, hari raya idul fitri dipastikan jatuh pada Rabu (5/6).

“Artinya sesuai agama, dilakukan istikmal atau menggenapkan bilangan bulan menjadi 30 hari. Dan ini sudah disampaikan langsung ke Kementerian Agama, karena ada perwakilannya di sini dan sudah diawasi oleh pengadilan agama,” kata dia.

Masjid Al-Musari’in merupakan satu dari empat titik pemantauan hilal di DKI Jakarta. Pengamatan dilakukan sejak matahari terbenam yakni pada pukul 17.45 WIB.

Selain Masjid Al-Musari’in, tiga lokasi pematauan hilal lainnya terdapat di Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta Lantai 7, Pulau Karya Kepulauan Seribu, dan Masjid KH Hasyim Ashari. Secara total, terdapat 105 titik rukyatul hilal yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Namun, keputusan ini hanya berlaku untuk wilayah Jakarta Barat. Keputusan akhir, lanjut dia, tergantung dengan sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama.

“Insyallah besok tetap akan berpuasa,” kata Mawardi.(Cn)

LEAVE A REPLY