Tubuh Lelah, Pegal dan Nyeri, Bolehkah Diurut ?

0
Ilustrasi Urut.(Foto:Dok/Net)

RILITAS.COM, Jakarta – Saat berolahraga bukan tidak mungkin Anda mengalami cedera. Beberapa orang banyak yang lebih memilih menahan rasa sakit atau mengunjungi tukang urut saat mengalami cedera. Apakah Anda salahsatunya? Jika iya, Anda harus menghentikan kebiasaan ini apabila mengalami cedera di lain waktu.

Sebab, jika cedera tidak diatasi dengan benar, bisa merusak jaringan otot. Cedera yang terjadi saat olahraga biasanya menyebabkan memar .Apabila Anda mengurutnya, otomatis memar akan mendapat tekanan dari luar. Hal itu bisa menyebabkan jaringan semakin memar bahkan mengalami pendarahan.

Jika sudah begitu, waktu yang diperlukan untuk proses penyembuhan semakin lama, karena banyak terjadi kerusakan jaringan. Akibat lain yang bisa ditimbulkan adalah proses penyembuhan tidak bisa ke arah normal dan jaringan bisa menjadi kaku, sehingga elastisitas otot menjadi terganggu.

Menurut spesialis bedah ortopedi, cedera olahraga, dan artroskopi dari Rumah Sakit Royal Progress, dr I Gusti Made Febry Siswanto, MD, memijat atau pun mengurut bagian tubuh yang terasa pegal atau kelelahan saat berolahraga memang tidak masalah. “Namun harus pijat yang khusus, yaitu sport massage,”ujar dr Febry saat ditemui dalam sebuah acara media gathering beberapa waktu lalu.

Dr Febry menyarankan tindakan pertama yang bisa dilakukan saat mengalami cedera adalah mengambil es batu lalu dibungkus handuk. Anda bisa mengompres dingin bagian yang cedera. Dengan kompres air dingin, diharapkan pembuluh darah yang bengkak bisa menciut agar tidak terjadi pendarahan. Saat terjadi cedera, biasanya ada jaringan yang memar dan pembuluh darah yang robek. Harapannya, kompres air dingin dapat membuat kerusakan jaringan lebih terlokalisir.

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengistirahatkan bagian yang cedera. Jika perlu, jangan melakukan kegiatan olahraga yang berat-berat dulu. Hal ini bisa membantu proses penyembuhan, dan untuk benar-benar memastikan jaringan otot tidak mengalami masalah, Anda bisa cek ke dokter. Ini juga merupakan langkah antisipasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.(Ok)

LEAVE A REPLY