Cek Yuk, Ada 11 Ribu Lowongan Kerja di Banten

0
Ilustrasi. (Foto: Dok/Antara)

RILITAS.COM, Serang – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) menggelar Job Fair Banten 2016, di lapangan Masjid Al-Bantani, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang. Acara yang berlangsung pada 3-5 November 2016 ini membuka sebanyak 11.454 lowongan pekerjaan dari 38 perusahaan yang ada di Banten.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten, Nata Irawan berharap, dengan adanya Job Fair ini dapat mengurangi angka pengangguran di Provinsi Banten sebanyak 7,95 persen dari total angkatan kerja sebanyak 5.698.000 orang.

“Yang masih mencari pekerjaan di Banten sebanyak 452 ribu. Melalui job fair membuka peluang kepada masyarakat Banten untuk bekerja. Kami berharap angka pengangguran di Banten dapat terus berkurang dari tahun ke tahun,” kata Nata, di lokasi Job Fair, kemarin.

Menurut Nata, persoalan tenaga kerja tidaklah mudah karena menyangkut banyak hal seperti kualitas pendidikan.

“Tentu persoalan tenaga kerja terkait pendidikan. Jika pendidikan dan kesehatan rendah, maka daya saing pun rendah. Pihak pengusaha juga diharapkan dapat mentolerir yang tak prinsip, sehingga tenaga kerja kita dapat terserap secara maksimal,” ujar dia.

Sementara Kepala Disnakertrans Provinsi Banten Hamidi mengungkapkan, saat ini Banten memiliki 13.853 perusahaan kecil hingga besar. Untuk wilayah Banten Selatan, kata Hamidi, lebih banyak dihuni perusahaan padat karya dan pertanian. Lalu di Banten Utara atau wilayah Tangerang Raya, lebih banyak dihuni perusahaan berat dan padat karya.

“Hampir dua pertiga perusahaan di Banten ada di wilayah Tangerang. Tren angka pengangguran menurun, semoga ke depan dapat terus turun dengan program dari Disnaker. Untuk ke luar negeri lebih dari 600 orang,” katanya, kemarin.

Dalam Job Fair Banten 2016 ini beberapa perusahaan yang ikut serta diantaranya PT Krakatau-Posco, Transvision, Bank Panin, PT Lippo General Insurance, PT Garuda Maintenance Facility Aerosia, hingga Imperial Klub Golf. (Man/Red)

 

LEAVE A REPLY