70 Persen Jemaah Banten Lanjut Usia

0
Ilustrasi. (Foto: Dok/Antara)

RILITAS.com, Serang – 70 persen calon jemaah haji Banten yang akan diberangkatkan ke tanah suci ternyata dari kalangan lansia, dan 16 persen dinyatakan hypertensi.

Gubernur Banten Rano Karno mengingatkan para anggota tim petugas haji daerah (TPHD) Provinsi Banten untuk serius bertugas selama di tanah suci. Ia bahkan mewantiwanti petugas yang berkeingingan lebih mementingkan ibadah haji padahal keberangkatannya ke sana dengan dibiayai anggaran pemerintah untuk bertugas melayani jamaah.

“Tugas para TPHD Banten tahun ini cukup berat karena 70 persen jemaah yang diberangkatkan merupakan jemaah lanjut usia, dan 16 persen jemaah penderita hipertensi,” kata Rano, kemarin.

Sementara Kepala Bidang Haji dan Umroh, Kantor Wilayah Kementrian Agama atau Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Lukman Hakim mengaku tidak khawatir meskipun para jemaah Banten banyak yang lansia dan ada yang hypertensi.

Tahun ini, jemaah haji Banten yang diberangkatkan sebanyak 6.800an. Sebagian di antaranya akan menuju Madihan terlebih dahulu sedangkan sisanya langsung menuju Jeddah untuk langsung melaksanakan ibadah haji di Mekkah. (Henny)

LEAVE A REPLY