3 Kota di Banten Alami Inflasi, Ini Kata Gubernur

0
Gubernur Banten Wahidin Halim memimpin rapat awal bulan bersama OPD Banten dengan didampingi Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy dan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten Ranta Soeharta di Aula Bappeda Banten, KP3B, Kota Serang, Banten, Senin (05/2/18)
Gubernur Banten Wahidin Halim (tengah) saat memimpin rapat awal bulan bersama OPD Banten dengan didampingi Wakil Gubernur (kiri) Banten Andika Hazrumy dan Sekretaris Daerah (kanan) Provinsi Banten Ranta Soeharta di Aula Bappeda Banten, KP3B, Kota Serang, Banten, Senin (05/2/2018). (Foto: Ist)

RILITAS.COM, Serang – Gubernur Banten Wahidin Halim mengungkapkan tingginya inflasi di tiga kota ini terjadi pada tarif dasar listrik, tarif transportasi terutama pesawat terbang, dan juga makanan jadi siap konsumsi yang biasa banyak diperlukan oleh masyarakat perkotaan.

“Untuk mengatasi hal ini, kami telah melakukan sejumlah langkah yang bisa membantu daya beli masyarakat dan mendukung pertumbuhan ekonomi di Provinsi Banten,” kata Wahidin, kemarin.

Sementara itu sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten telah merilis tentang inflasi di Provinsi Banten yang mengami kenaikan sebesar 0,22 persen pada bulan Januari 2018. Pada bulan Desember 2017, kenaikan indeks harga konsumen hanya 138,48 sedangkan Januari 2018 menjadi 138,77.

Kenaikan inflasi ini sendiri didapat BPD setelah melakukan pemantauan di tiga kota di Provinsi Banten secara berkala. Hasilnya, dari 417 jenis barang dan jasa di Kota Serang, Kota Tanggerang, dan Kota Cilegon dalam tempo mingguan hingga bulanan terjadi perubahan harga 235 komunitas yang terus meningkat.

Gubernur Banten berharap dengan langkah konkrit yang telah dilakukan maka inflasi di Provinsi Banten terutama ketiga kota ini bisa ditekan, “sehingga ke depan kehidupan masyarakat Banten bisa lebih sejahtera,” tandasnya. (hen)

LEAVE A REPLY