Pasokan Beras Lokal di Banten Melimpah

0
Ilustrasi. (Foto: Usep/PR)

RILITAS.COM, Lebak – Pasokan beras lokal di Kabupaten Lebak, Banten, melimpah dan mencukupi untuk kebutuhan konsumsi masyarakat di daerah itu hingga tahun 2019.

Dari pantauan, Kamis (6/12/2018), sejumlah kios pedagang sembilan bahan pokok atau sembako dipasok beras lokal yang didatangkan dari berbagai wilayah kecamatan di Kabupaten Lebak.

Mereka memasok beras lokal tersebut kebanyakan jenis beras medium dengan harga bervariasi tergantung kualitasnya mulai Rp230.000 hingga Rp280.000 per karung dengan kapasitas berat 25 kg.

Apabila dijual berkisar antara Rp8.500 sampai Rp10.500 per liter. Harga beras sebesar itu, ujar dia, masih relatif stabil dan tidak terjadi kenaikan.

“Kami hari ini menerima pasokan beras lokal dari Kecamatan Malingping sebanyak lima ton,” kata Ahmad (50) seorang pedagang di Pasar Rangkasbitung, Kabupaten Lebak.

Ia mengaku dirinya sejak dua tahun terakhir ini tidak mendatangkan beras dari luar daerah.

Biasanya, kata dia, jika pasokan beras lokal itu tidak ada akibat serangan hama yang menyebabkan terjadi gagal panen dipastikan pedagang mendatangkan beras dari Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Namun, saat ini pasokan beras lokal melimpah dan mencukupi kebutuhan konsumsi masyarakat.

LEAVE A REPLY