5 Manfaat Sehat Mengonsumsi Safron

0

RILITAS.COM, Kesehatan – Mungkin sebagian besar dari Anda belum terlalu akrab dengan rempah bernama safron. Kendati demikian, khasiat rempah asal Yunani ini sebenarnya sudah populer di dunia, khususnya di negara Barat.

Safron merupakan bumbu dapur termahal di dunia. Safron seberat 450 gram saja dapat dijual dengan harga US$ 500-5.000 atau setara dengan Rp 7 juta-70 juta! Harga setinggi itu tak mungkin muncul jika rempah yang berasal dari bunga Crocus sativus ini punya manfaat yang biasa-biasa aja.

Seperti dilansir dari Healthline, beberapa manfaat sehat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi safron:

1. Dapat meningkatkan libido

Sebuah penelitian menunjukkan, safron memiliki sifat afrodisiak atau bersifat meningkatkan gairah seksual, terutama pada orang yang menggunakan antidepresan. Contohnya, pria pengguna antidepresan yang mengalami disfungsi ereksi mengonsumsi 30 mg safron setiap hari selama empat minggu. Hasilnya, secara signifikan dia mendapatkan efek ereksi yang jauh lebih baik ketimbang saat diberikan plasebo.

Lalu, bagaimana dengan perempuan? Apakah safron juga memberikan efek positif terhadap gairah seksual kaum hawa? Jawabannya adalah iya. Sebab, mengonsumsi 30 mg safron setiap hari dapat mengurangi rasa sakit pada wanita saat berhubungan seksual sekaligus meningkatkan hasrat dan kadar pelumas mereka.

2. Dapat mengurangi gejala PMS

Salah satu hal yang cukup menjengkelkan buat wanita ketika masa haid tiba adalah gejala PMS. Namun dengan mengonsumsi safron, gejala PMS bisa jauh mereda ketimbang pemberian obat-obatan lain, termasuk plasebo.

Hal itu dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menyarankan kepada wanita berusia 20-45 tahun untuk mengonsumsi 30 mg safron setiap hari. Hasilnya, rasa sensitif (mudah marah dan sedih), sakit kepala, mengidam, serta nyeri sangat jauh berkurang. Tak cuma itu, studi lain juga menemukan bahwa mencium safron selama 20 menit dapat mengurangi gejala kecemasan dan menurunkan kadar hormon stres kortisol.

3. Sumber antioksidan

terkuat dan mencegah kankerSafron mengandung antioksidan jenis crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol. Crocin dan crocetin memiliki sifat antidepresan, melindungi sel-sel otak dari kerusakan progresif dan peradangan, sekaligus dapat mengontrol nafsu makan yang tentunya dapat berkaitan dengan penurunan berat badan. Adapun safranal sangat bisa meningkatkan suasana hati seseorang, meningkatkan kekuatan memori, dan meningkatkan kemampuan berpikir seseorang.

Selanjutnya kaempfrol, senyawa antioksidan yang satu ini memiliki sifat antikanker yang bisa mencegah berbagai macam jenis kanker mematikan dengan cara menekan pertumbuhan sel berbahaya dan membuat sel kanker lebih sensitif terhadap obat-obatan kemoterapi.

4. Mencegah penyakit gangguan fungsi otak

Jika ingin otak Anda tetap prima saat tua nanti, safron sangat bisa membantu Anda untuk mewujudkan impian tersebut. Pasalnya, antioksidan yang terkandung dalam safron dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kemampuan kognitif orang dewasa. Hal ini sangat berkaitan dengan pencegahan penyakit Alzheimer. Tak cuma itu, mengonsumsi safron juga dapat mempertahankan kemampuan penglihatan Anda.

5. Menjadi obat diet alami

Menurut sebuah penelitian, safron dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cara menekan nafsu makan. Sementara itu, wanita yang mengonsumsi suplemen safron merasakan efek kenyang yang relatif lama dan makan lebih sedikit dari biasanya. Mereka pun kehilangan berat badan secara signifikan dan bisa mendapatkan berat badan ideal.

Selain itu, hal ini mungkin juga berkaitan dengan kemampuan safron yang dapat memperbaiki kondisi mood seseorang. Sebab, wanita yang mood-nya tidak baik biasanya akan mencari makanan kecil sebagai bentuk pelarian. Namun, karena mood-nya sudah diperbaiki oleh rempah safron, keinginannya untuk ngemil menjadi tidak ada lagi.

Wajar saja rempah-rempah berwarna oranye kemerahan ini memiliki harga selangit. Sebab, selain karena jumlahnya yang tidak banyak, safron memiliki banyak khasiat yang penting untuk kesehatan. (hns/rvs)

Sumber: Klik Dokter

LEAVE A REPLY