Pemulihan Pasca Tsunami, Pemprov Banten Siapkan Rp70 Miliar

0
102 Gardu Rusak Akibat Tsunami Banten,
Dampak akibat Tsunami di Selat Sunda

RILITAS.COM, Serang – Pemprov Banten telah menyiapkan dana sebesar Rp70 miliar untuk proses pemulihan daerah yang terdampak tsunami Selat Sunda. Pemprov akan fokus membangun hunian sementara dan sekolah yang rusak.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Banten, Mahdani mengatakan, dana tersebut bersumber dari Dana Tak Terduga (DTT) dan Bantuan Sosial (Bansos) Pemprov Banten.

“Mulai saat ini, pemprov sudah bisa menggunakan anggaran dari dana tak terduga untuk kebutuhan penanganan pascabencana tsunami. Adapun besarannya, pemprov menyiapkan Rp70 miliar yang terdiri atas dana TT senilai Rp55 miliar, dan bantuan sosial tak terencana sebesar Rp15 miliar,” katanya, Selasa (8/1/2019).

Ia menyampaikan berdasarkan instruksi Gubernur Banten Wahidin Halim, sebelum masa darurat bencana berakhir pada 9 Januari 2019 mendatang, proses pembangunan hunian sementara harus sudah berjalan.

“Pak Gubernur sudah menginstruksikan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) untuk membelikan barang (material bangunan) untuk membangun rumah sementara,” ujar dia dilansir merdeka.com.

Hingga saat ini, sudah ada proses pembangunan baik dari pihak luar maupun Pemprov Banten. “TNI siap membantu untuk mengerjakan pembangunan rumah sementara,” katanya. (red)

LEAVE A REPLY