Pengembangan Wisata Situ Terate

0
Situ Terate. (Foto: BP3Cikande0

RILITAS.com, Serang – Kabupaten Serang ternyata mempunyai sejumlah potensi eko wisata yang belum banyak diketahui masyarakat. Salah satunya Situ Terate, sebuah danau yang sejak jaman belanda dahulu menjadi tempat pembuangan air rumah tangga masyarakat.

Danau Situ Terate, yang berada di Desa Situ Terate, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang ini dalam peta wisata Banten memang belum banyak diketahui wisatawan dan masyarakat luas. Ya, selama ini danau seluas 27 hektar ini hanya dipandang sebelah mata oleh masyarakat sekitar, karena selain fungsinya yang hanya dijadikan tempat penampungan air buangan rumah tangga masyarakat, danau ini pun tadinya dipenuhi tanaman eceng gondok.

Adrianto, Kepala Desa Situ Terate, mengaku danau ini tadinya tidak berfungsi sama sekali. Namun, karena ingin memaksimalkan fungsinya, ia pun mengerahkan masyarakat untuk membersihkan eceng gondok ini.

“Kami juga meminta bantuan Dinas Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Serang untuk menatanya kembali, sehingga sekarang meskipun belum terkenal, danau ini sudah menjadi salah satu tempat eko wisata Kabupaten Serang,” ujar Adrianto, Senin (8/8/2016).

Senin siang, sejumlah staf Disporapar Kabupaten Serang melakukan peninjauan ke lokasi ekowisata ini. Mereka bahkan memeriksa kondisi bantuan gazebo di pulau yang berada di tengah danau, dan sejumlah fasitas pendung lainnya yang telah ditempatkan di sekitar danau situ terate ini. Mereka mengakui jika fasilitas di danau ini sudah menjadi tanggungan Disporapar, dan diharapkan tempat ini semakin tertata dengan baik sehingga bisa menjadi salah satu tempat wisata andalan Kabupaten Serang. (Henny)

LEAVE A REPLY