Mobil Otonom Google Sudah Tempuh 3,2 Juta Kilometer

0
Prototipe mobil otonom Google yang tengah diuji coba di California, AS. (REUTERS/Elijah Nouvelage)
Prototipe mobil otonom Google yang tengah diuji coba di California, AS. (REUTERS/Elijah Nouvelage)

RILITAS.COM, Iptek – Mobil otonom Google telah menguji kendaraannya dengan total jarak tempuh hingga 3,2 juta kilometer. Diberitakan Reuters, Jumat (7/10) jarak itu terus bertambah 25 ribu mil tiap minggunya.

Google telah mengembangkan mobil otonom sejak 2009, dan tampaknya keberadaan mobil otonom untuk berada di jalanan umum dan menjadi hal yang biasa sudah di depan mata.

Fokus Google di pembuatan mobil otonom sepenuhnya yang tidak memerlukan pengemudi masih berkutat untuk membuat kendaraannya lebih aman dan lebih efisien serta menjadi transportasi aman bagi penyandang disabilitas dan lanjut usia.

Menurut Kepala Teknologi Otonom Google Dimitri Dolgov, pengujian mobil otonom di jalan raya yang mudah diprediksi akan lebih ringan ditangain mobil otonom itu daripada pengujian di jalan-jalan kota yang sibuk.

Dimitri mengatakan mobil otonom Google mengalami situsasi yang lebih kompleks daripada hanya mengikuti mobil lain di jalan bebas hambatan.

“Anda harus memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang apa yang ada di jalan. Setiap kali Anda berkendara itu berbeda,” kata Dolgov.

Mobil otonom Google disebut bisa mendeteksi objek bergerak seperti anak-anak atau sepeda yang bisa bergerak secara cepat. Sistem otonom Google bisa menghitung probabilitas gerakan tersebut dan menggunakan hasilnya untuk menentukan reaksi kendaraan. (cnn)

LEAVE A REPLY