Di Banten, Paslon Tiga Daerah Lawan Kotak Kosong

0
ilustrasi-surat-suara-pilkada-kotak-suara-coblos-suara
Ilustrasi. (Foto: Dok/Net)

RILITAS.COM, Serang – Sebanyak tiga dari empat wilayah di Banten yang melaksanakan Pilkada serentak 2018 melahirkan calon tunggal dan dipastikan akan melawan kotak kosong. Ketiga daerah itu, yakni Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kabupaten Lebak.

“Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Lebak juga semua parpol mendukung incumbent, jadi calon tunggal,” kata Syaiful Bachri, Komisioner KPU Banten, Rabu (10/1/2018).

Menurut mantan Ketua KPU Kota Cilegon ini, karena semua parpol mendukung incumbent atau petahana tidak akan berlaku aturan perpanjangan waktu pendaftaran. Sehingga, langsung melakukan tes kesehatan yang akan berlangsung Kamis sampai Jumat, 11-12 Januari 207.

“Tidak ada perpanjangan, langsung berjalan tes kesehatan. (Paslon) melawan kotak kosong. Tes kesehatan dua hari. Maksimal tanggal 15 Januari sudah keluar hasil,” terangnya.

Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi Politik (Kompol) DPD Demokrat Banten, Rochman Setiawan mengatakan, melawan kotak kosong merupakan hal yang biasa, karena tak melanggar konstitusi. Hal yang harus dilakukan oleh pasangan calon dan partai politik, yakni mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya di TPS.

“Memilih bumbung kosong jika terjadi calon tunggal di Pilkada adalah hal yang wajar dan itu hak konstitusi masyarakat sebagai pemilih,” kata dia, Rabu (10/01/2017).

Adapun pasangan calon yang akan mleawan kotak kosong dalam Pilkada serentak 2018, yakni Arief R Wismansyah-Sachrudin di Kota Tangerang yang di dukung oleh 12 Parpol, yakni, Partai Demokrat, PDI-P, Golkar, PPP, PKB, PAN, PKS, Gerindra, Hanura Nasdem, PSI dan Perindo.

Kemudian pasangan Ahmed Zaki Iskandar-Mad Romli di Kabupaten Tangerang, daerah Seribu Industri, di dukung oleh 12 parpol, seperti Golkar, Gerindra, PKB, PPP, Demokrat, PKS, PAN, Hanura, PDIP, Nasdem, PKPI, dan Perindo.

Lalu di Kabupaten Lebak, Iti Octavia Jayabaya kembali berpasangan dengan wakilnya, Ade Sumardi. Di wilayah Banten Selatan yang masih tertinggal dari segi pembangunannya itu, pasangan petahana itu di dukung oleh 10 parpol, yakni Demokrat, PDIP, Golkar, Nasdem, PKS, PPP, PKB, Hanura, Gerindra dan PAN. (yan/gil)

LEAVE A REPLY