Prilaku Kekerasan Seksual Anak, Ini Penyebabnya

0
Arist Merdeka Sirait
Arist Merdeka Sirait. (Foto: Dok/Net)

RILITAS.COM, Tangerang – Komisi Nasional (Komnas) Perlindungan Anak, mendata bila banyak faktor utama munculnya perilaku kekerasan seksual akibat, film dan Warung Internet (warnet).

Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait mengatakan, faktor utama perilaku dan kekerasan seksual anak adalah karena dipengaruhi film. Saat ini, banyak juga film-film yang memiliki unsur-unsur pornografi. Baik dari adegan maupun cara berpakaian si pemain.

“Begitupun dengan Warnet yang juga menjadi lokasi strategis anak mencari atau melihat film yang tak seharusnya. Warnet adalah lingkungan yang tertutup dan kurang pengawasan dari orang dewasa. Alhasil, mereka bebas membuka situs yang tak seharusnya,” terang Arist usai menghadiri Diskusi Publik Gerakan Perlindungan Anak se-Kampung tingkat Kabupaten Tangerang, Jumat (10/2/2017).

Arist mengatakan, faktor tersebut yang menyebabkan anak penasaran dan ingin berbuat hal yang tak seharusnya dilakukan.

“Kalau sudah sekali pasti keterusan dan penasaran ingin mencoba, hal ini pun harus segera kita cegah. Salahsatunya dengan, mengajak dan mengubah pola pikir masyarakat agar mau untuk membangun anak bangsa menjadi lebih baik,” paparnya. (shy/k6)

LEAVE A REPLY