Ulang Tahun ke-93, Ini Rahasia Sehat PM Mahathir

0
PM Malaysia, Mahathir Mohamed. (Foto: Antara/Irsan Mulyadi)
PM Malaysia, Mahathir Mohamed. (Foto: Antara/Irsan Mulyadi)

RILITAS.COM, Internasional – Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mendapat ucapan selama ulang tahun dari putrinya Marina Mahathir lewat media sosial. “Selamat ulang tahun yang ke-93 buat ayahku tersayang,” tulis Marina di laman Facebook-nya, Selasa (10/7/2018).

Mahathir menjadi perdana menteri tertua di dunia dalam usianya yang ke-93 tahun setelah memenangkan pemilihan umum Malaysia, 9 Mei lalu. Dia kembali memerintah Negeri Jiran, mengalahkan koalisi yang telah berkuasa sejak Malaysia merdeka, yang juga pernah dia pimpin sebelumnya.

“Tak seorang pun yang tahu bagaimana kembali dalam permainan, keluar dari sana dan bertarung lalu menyingsingkan lengan baju, bekerja untuk menyelamatkan Malaysia kita yang tercinta,” tulis Marina, seperti dilansir situs berita The Star.

https://www.facebook.com/marina.mahathir/posts/10160491942580363

“Saya bangga akan banyak hal yang Anda capai, tapi tidak ada yang membuat saya lebih bangga lagi ketimbang melihat Anda masih mau mendengar dan belajar dari kolega-kolega Anda yang baru,” tambah Marina.

Marina mengakhiri unggahannya dengan beberapa tagar yang menyiratkan kekaguman atas stamina dan kekuatan Mahathir, seperti #MalaysiaBaru #puttingusalltoshame dan #hopeiinheritedthesame.

Putrinya pun mengaku tidak tahu rahasia kemudaan Mahathir seperti dia tuangkan dalam tagar #idontknowwherehisenergycomesfrom.

Mahathir sambil membantah rumor bahwa dia menjalani terapi sel menyatakan bahwa dia yakin akan gaya hidup sehat dan tetap aktif.

“Saay memilih untuk beristirahat, tentu saja, tapi saya menyarankan orang-orang untuk tidak beristirahat saat tua,” kata dia saat ditanya rahasia kesehatannya, seperti dilansir kantor berita Bernama, Senin (9/7).

Mahathir yang pernah berprofesi sebagai seorang dokter menjelaskan bahwa kondisi otot bakal menurun jika tidak digunakan. “Jika Anda berbaring sepanjang waktu, otot-otot akhirnya bahkan tidak dapat mendukung berat badan Anda sendiri. Anda tidak bisa berdiri, tidak berjalan. Jadi tidak baik jika Anda tua, Anda hanya berbaring dan tidak melakukan apa-apa,” kata Mahathir.

Hal yang sama, menurutnya, terjadi pada otak. “Jika Anda tidak menggunakan otak Anda, Anda tidak berpikir, tidak menyelesaikan masalah, tidak membaca, tidak menulis, otak akan mundur dan Anda menjadi pikun. Jadi teruslah aktif,” kata Mahathir yang lahir pada 10 Juli 1925.

Beberapa media merangkum pernyataan rahasia sehat Mahathir menjadi tiga hal. Pertama, menjalankan gaya hidup sehat, menjaga agar otak tetap aktif, tidak makan berlebihan.

Pentingnya makan secukupnya tersebut, menurut Perdana Menteri Malaysia tersebut, adalah nasihat dari mendiang ibunda Mahathir. Berhenti makan setelah kenyang meski makanan tersebut enak, pada awalnya sulit. Namun jika terbiasa akan menjadi mudah. (nat)

LEAVE A REPLY