Paslon yang Lolos Verifikasi Diminta Serahkan Daftar Tim Sukses

0
Saiful Bahri. (Foto: Dok/Net)

RILITAS.com, Serang – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten Pokja Verifikasi Dukungan, Saiful Bahri meminta dua bakal pasangan calon (paslon) yang lolos verifikasi dari jalur perseorangan yakni Yayan Sofyan- Ratu Enong dan Achamd Dimyati Natakusmah-Yemmelia agar segera menyerahkan struktur tim sukses.

Tim sukses ini, kata Saiful, dibutuhkan untuk mengantisipasi tidak adanya orang yang memberikan dukungan untuk melakukan verifikasi faktual. Tim sukses juga memudahkan petugas KPU melakukan verifikasi faktual.

“Bakal paslon jalur perseorangan yang lolos verivikasi harus segera menyerahkan struktur tim sukses hingga ke tingkat desa, karena sampai saat ini kami belum menerima,” ungkap Saiful, Kamis (11/8/2016).

Siaful menjelaskan, dari tanggal 18-21 Agustus, KPU mengirimkan formulir B1-KWK (bukti dukungan-red), ke KPU Kabupaten/Kota. Selanjutnya, pada 24 Agustus hingga 6 September dilakukan verifikasi faktual, oleh PPS yang disampaikan melalui KPU Kabupaten/Kota sesuai PKPU 4 tahun 2016 tentang tahapan verifikasi faktual terhadap B1-KWK terhadap bakal calon yang lolos administrasi.

“Verifikasi faktual nantinya untuk membuktikan pendukung yang menyatakan dirinya mendukung dengan menyerahkan fotokopi KTP dan tanda tangan apakah benar-benar mendukung, dengan metode sensus, sesuai dengan alamatnya masing-masing,” sambung Saeful, saat menjelaskan UU 10 Tahun 2016 Pilkada tentang mekanisme kerja PPS dalam melakukan verifikasi faktual selama 10 hari kerja.

Setelah lolos verifikasi, hasil verifikasi pemenuhan jumlah minimal dan sebaran dukungan dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur jalur perseorangan pada 10-17 Agustus, KPU melakukan penelitian administrasi, mencocokkan dokumen antara daftar nama dukungan dengan KTP, dengan cara manual oleh petugas administrasi dan Sistem Informasi Pencalonan, untuk verifikasi dukungan ganda. (Oman)

LEAVE A REPLY