Jack Ma Mundur dari Alibaba Group

0
Jack Ma

RILITAS.COM, Iptek – Alibaba Group mengumumkan Chairman of the Board Alibaba Group baru, Daniel Zhang, menggantikan Jack Ma untuk meneruskan kepemimpinan di perusahaan teknologi tersebut. Dalam keterangan tertuis yang diterima Tempo, Senin, 10 September 2018, Zhang sebelumnya menjabat sebagai Chief Executive Officer.

Jack Ma masih akan mengawal Alibaba Group selama 12 bulan ke depan untuk memastikan transisi kepemimpinan kepada Daniel Zhang berjalan dengan sempurna. Jack Ma merupakan mitra seumur hidup dalam Alibaba Partnership (Kemitraan Alibaba) dan anggota dari komite kemitraan perusahaan. Alibaba Partnership saat ini terdiri dari 36 mitra yang juga merupakan anggota manajemen senior Alibaba Group dan perusahaan afiliasinya.

Sesuai dengan Anggaran Rumah Tangga Alibaba Group, Alibaba Partnership memiliki hak untuk menominasikan sebagian besar anggota Board of Directors di perusahaan. Ma juga akan menuntaskan tugasnya sebagai anggota Board of Directors Alibaba Group hingga Rapat Umum Pemegang Saham perusahaan tahun 2020.

Setelah diganti, Ma mengirimkan surat yang ditujukan kepada pelanggan, pegawai, dan pemegang saham Alibaba. Dalam surat tersebut, Ma menjelaskan bahwa suksesi Executive Chairman merupakan pengumuman yang menggembirakan bagi Ma.

“Hari ini, bertepatan dengan peringatan ulang tahun Alibaba yang ke 19, saya dengan senang hati menyampaikan sebuah berita gembira: Jajaran direksi telah menyetujui bahwa satu tahun dari sekarang, yaitu 10 September 2019 yang juga merupakan ulang tahun Alibaba yang ke 20, CEO Alibaba Group Daniel Zhang akan menggantikan posisi saya sebagai Chairman of the Board Alibaba Group. Dalam 12 bulan ke depan, saya akan bekerja berdampingan dengan Daniel untuk memastikan transisi kepemimpinan ini berjalan dengan lancar. Setelah itu, saya akan tetap berada dalam jajaran direksi Alibaba hingga Rapat Umum Pemegang Saham tahun 2020,” tulis Ma.

Dalam surat tersebut, Ma menjelaskan bahwa, dirinya telah memikirkan dan mempersiapkan rencana suksesi selama sepuluh terakhir. Berkat dukungan Alibaba Partnership dan jajaran direksi, kata Ma, dia sangat senang bisa mengumumkan rencana ini. “Saya hendak berterima kasih kepada seluruh rekan di Alibaba dan keluarga Anda, karena kepercayaan, dukungan, dan kerja sama kita selama 19 tahun ini telah mempersiapkan kita untuk apa yang dicapai hari ini dengan penuh kepercayaan diri dan kekuatan,” lanjut Ma.

Ma menutup surat tersebut dengan menyatakan bahwa Alibaba bukan miliknya, tapi dirinya adalah milik Alibaba. “Satu hal yang bisa saya janjikan kepada semua orang adalah: Alibaba was never about Jack Ma, but Jack Ma will forever belong to Alibaba,” tutup Ma. (tmp/erw)

LEAVE A REPLY