Apa Saja Manfaat Vitamin K1 dan K2 untuk Tubuh?

0
Ilustrasi

RILITAS.COM, Serang – Vitamin K yang terbagi lagi menjadi K1 dan K2 mungkin tidak sepopuler vitamin lain seperti vitamin C yang baik untuk daya tahan dan vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Meski kurang populer, vitamin yang bisa ditemukan di tumbuhan dan hewan itu ternyata memiliki manfaat yang sangat besar. Bahkan, saking besarnya, vitamin ini tidak boleh luput dari kebutuhan nutrisi harian.

Mengenal vitamin K

Vitamin K adalah golongan nutrisi yang masuk dalam kategori lemak terlarut. Vitamin ini digunakan tubuh untuk membentuk protein bernama prothrombin. Protein prothrombin bekerja dalam hal pembekuan darah dan metabolisme yang terjadi di tulang manusia.

Vitamin K terbagi menjadi dua jenis, pertama vitamin K1 yang banyak didapatkan dari sayuran dengan daun hijau. Sering mengonsumsi sayuran hijau seperti sawi hingga bayam akan menyuplai vitamin K khususnya phylloquinone. Selanjutnya vitamin K2 atau sering dikenal dengan nama menaquinone. Vitamin jenis ini banyak didapatkan dari jeroan dan makanan fermentasi. Selain itu bakteri di saluran cerna juga menghasilkan vitamin K2.

Manfaat vitamin K untuk tubuh

Vitamin K memiliki banyak manfaat untuk tubuh baik itu jenis K1 atau K2. Nah, apa saja manfaat yang akan didapatkan oleh tubuh, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Menjaga kesehatan tulang bisa dilakukan dengan memperbanyak kebutuhan kalsium di dalam tubuh dan vitamin D. Selain itu, kita juga disarankan untuk bisa lebih aktif berolahraga. Nah, selain melakukan dua hal di atas, Anda juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin K khususnya K2 yang banyak didapatkan dari makanan berfermentasi.

Rutin mengonsumsi makanan dengan kandungan K2 bisa membuat Anda jauh lebih sehat dan jarang mengalami gangguan pada tulang. Pengeroposan tidak akan terjadi khususnya pada wanita yang mengalami menopause dan rawan sekali mengalami osteoporosis.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin K2 ternyata memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular lainnya. Vitamin K2 akan mencegah kalsium dan komponen lainnya menempel di dinding pembuluh darah dan akhirnya memicu penyempitan yang berbahaya untuk tubuh.

Vitamin K2 yang dikonsumsi dengan dosis benar baik dari makanan atau suplemen juga bisa mencegah terjadinya masalah atau abnormalitas pada jantung. Kemungkinan terjadi penyakit jantung koroner akan sangat kecil. Dengan risiko penyakit jantung yang kecil, Anda akan lebih mudah sehat dan kemungkinan panjang umur lebih tinggi.

  1. Mencegah munculnya kanker

Vitamin K2 juga merupakan nutrisi yang masuk dalam golongan antioksidan. mengonsumsi vitamin ini dalam jumlah yang cukup bisa mencegah tubuh mengalami kanker atau tumor. Kandungan vitamin K2 bisa menekan sel untuk membesar dengan cepat dan mencegah sel kanker menyebar ke mana-mana.

  1. Mengatasi depresi dan anxiety

Depresi dan anxiety bisa muncul karena banyak hal mulai dari stres hingga defisit beberapa jenis nutrisi dalam tubuh. Kalau Anda cenderung memiliki gula darah yang sangat tinggi dan tidak bisa diturunkan dengan mudah, peluang terjadinya depresi dan perasaan takut serta tidak nyaman akan besar.

Dari penelitian yang dilakukan, mengonsumsi vitamin K dalam jumlah yang seimbang mampu menurunkan gula darah yang berlebihan. Dengan gula darah yang lebih seimbang, kemungkinan terjadi masalah pada tubuh akan rendah. Stres, anxiety, dan gangguan psikologi lain bisa dihindari.

  1. Menjaga kesehatan kognitif

Seiring dengan berjalannya waktu, seseorang akan mengalami banyak masalah pada tubuh baik kesehatan tubuh secara umum atau kognitif. Mau tidak mau seseorang akan mengalami penurunan kemampuan berpikir dengan baik dan juga mengingat. Singkatnya kemampuan kognitif akan anjlok seiring dengan berjalannya waktu.

Dari penelitian yang dilakukan terhadap lansia dengan usia di atas 70 tahun, pengonsumsian vitamin K khususnya K1 ternyata bisa meningkatkan kemampuan kognitif dari seseorang. Mereka masih bisa berbicara dengan baik dan tidak terjadi kesalahan yang signifikan dibandingkan mereka yang tidak menggunakan suplemen.

Sumber vitamin K1 dan K2

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin K baik itu K1 atau K2, Anda harus tahu apa saja sumber yang bisa dimanfaatkan. Berikut sumber vitamin K1 dan K2.

Sumber vitamin K1

  • Berbagai jenis sayur dengan daun warna hijau seperti bayam, sawi, dan kale.
  • Aneka jenis selada.
  • Brokoli dan brokolini.
  • Wortel.
  • Minyak sayur.
  • Blueberry.
  • Anggur.

Sumber vitamin K2

  • Natto, fermentasi kedelai yang menjadi makanan tradisional orang jepang.
  • Berbagai produk olahan susu khususnya keju.
  • Hati dan jeroan lain yang sehat.
  • Daging merah.
  • Kuning telur.
  • Ayam dan olahannya.
  • Ikan berlemak sehat seperti salmon.
Rekomendasi dan defisiensi vitamin K

Vitamin K bisa didapatkan dari makanan yang telah disebutkan sebelumnya. Kalau Anda khawatir tidak akan mendapatkan vitamin K dalam jumlah yang dianjurkan, suplemen bisa digunakan. Dalam satu hari kita disarankan untuk mencukupi kebutuhan vitamin K hingga 120 mcg untuk pria dan 90 mcg untuk wanita.

Kekurangan vitamin K baik K1 atau K2 akan menyebabkan banyak masalah pada pencernaan. Selanjutnya kalau terjadi luka akan susah sekali sembuh dan mengering darahnya. Pada beberapa orang akan muncul gangguan pada tulang khususnya dalam hal pengeroposan tulang.

Inilah beberapa ulasan tentang manfaat vitamin K yang terbagi menjadi K1 dan K2. Nah, dilihat dari manfaat di atas, terlihat dengan jelas kalau vitamin ini ternyata memiliki manfaat yang sangat besar. Tanpa vitamin ini, peredaran darah kita akan mengalami gangguan dan kesehatan tulang akan mengalami gangguan yang masif. Mulai sekarang perhatikan juga vitamin K, ya!.(ds)

LEAVE A REPLY