Pemeliharaan Fasum KP3B Terbengkalai

0
Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B).

RILITAS.COM, Serang – Sejumlah fasilitas umum (fasum) di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) dalam kondisi rusak dan terbengkalai. Rusaknya berbagai fasilitas umum ini ternyata menjadi tanggung jawab sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di jajaran Pemerintahan Provinsi Banten. Bahkan ada sejumlah fasum yang saat ini masih tidak dihiraukan karena porsi tanggung jawabnya yang sudah diberikan ke SKPD  lainnya, salah satunya lampu hias jalan dan penerangan jalan umum, yang sebelumnya menjadi tanggung jawab Dinas Pertambangan dan Energi dialih tanggungjawabkan ke Dinas Perhubungan Provinsi Banten.

Sementara urusan trotoar, tanaman hias, tempat sampah, juga terpilah tanggung jawabnya antara unit pelaksana tugas (UPT) Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dan di UPT masing-masing SKPD.  Kepala Dinas Perkim Provinsi Banten Mohamad Yanuar mengakui adanya pemisahan tanggung jawab ini.

“Memang benar, ini akibat kekurangan anggaran untuk pemeliharaan fasum sehingga tidak bisa melakukan perbaikan dan penggantian fasum yang rusak atau hilang. Meskipun demikian, sudah ada  anggaran pemeliharaan di anggaran perubahan 2017,” jela Yanuar, kemarin.

Sementara itu, musim hujan yang terjadi saat ini ternyata membuat sejumlah ruas jalan dan halaman kantor dinas di KP3B tergenang air, salah satunya di halaman kantor Dinas Perkim Provinsi Banten Sendiri. Yanuar mengakui sering adanya genangan air ini sehingga sudah meminta petugas kebersihan untuk menyiasinya.

“Karena memang tidak adaanggaran, kami inisiatif memasang paving blok hanya di bagian yang akan dilalui PNS jika hendak masuk ke dalam gedung saja,” katanya. (hen)

LEAVE A REPLY