PT ASDP Kerahkan Kapal Besar Hadapi Puncak Arus Mudik

0

RILITAS.COM, Serang – Mengantisipasi kepadatan dan puncak arus mudik,  PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan atau ASDP menyiagakan puluhan kapal roro untuk melayani para pemudik yang hendak menyeberang ke pelabuhan bakauheni.

Direktur Teknik dan Operasional PT ASDP La Mane mengungkapkan, kepadatan arus mudik diperkirakan masih akan terjadi hingga h-1 Hari Raya Idul Fitri.

“Jumlah pemudik yang melintas pada hari yang sama pada tahun kemarin meningkat.,” ujarnya, kemarin.

Sementara Coordinator Secretary PT ASDP Imelda Alini juga mengungkapkan minat pemudik pada malam hari lebih besar dibandingkan siang hari. Karena itu, pihaknya melakukan strategi pemberian hadiah motor kepada pembeli tiket online yang menyeberang pada pagi  hingga sore hari, tapi pada kenyataanya pemudik tetap ramai di malam hari.

“Untuk mengantispasi padatnya kendaran , kami telah mengantispasi dengan mengoperasionalkan Kapal Roro-Kapal Roro berukuran besar,” katanya.

Berdasarkan data PT ASDP saat ini mereka telah menyiagakan 63 Kapal Roro untuk melayani para pemudik. Tetapi ternyata yang efektif dipergunakan hanya 36 kapal. Rata-rata, Kapal Roro yang ber-operasi ini berukuran besar dengan muatan kendaraan lebih banyak. Sementara agar para pemudik cepat terangkut, pihak PT ASDP juga mengatur jadwal sandar kapal paling lama hanya satu jam. diharapkan dengan berbagai upaya ini, arus mudik di pelabuhan merak bisa berjalan lancar. (hen)

LEAVE A REPLY