Rekam Jejak Prancis Hingga Lolos ke Final Piala Dunia 2018

0

RILITAS.COM, Olahraga – Timnas Prancis telah memastikan diri lolos ke babak final Piala Dunia 2018. Pasukan Didier Deschamp akan menghadapi Kroasia pada partai puncak tersebut pada hari Minggu (15/7) mendatang di Luzhniki Stadium.

Bagi Prancis, ini adalah untuk ketiga kalinya menembus final Piala Dunia. Sebelumnya, mereka pernah berlaga di final turnamen elite antarnegara di dunia itu pada 1998 dan 2006.

Namun dari dua kesempatan tersebut, Prancis hanya sekali meraih titel juara, yakni pada 1998. Melakoni laga final di Stade de France, 12 Juli 1998, Tim Ayam Jantan menang tiga gol tanpa balas atas Brasil.

Lolos ke final juga menjadi prestasi buat sang pelatih, Didier Deschamps. Sebab, Deschamps adalah pelatih pertama yang mampu membawa timnas Prancis lolos ke final dua turnamen besar (Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018).

Andai mampu mengantarkan Les Blues keluar sebagai juara, Didier Deschamps akan menjadi sosok ketiga yang berhasil meraih trofi Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih. Deschamps turut membawa timnas Prancis menjuarai Piala Dunia 20 tahun silam.

Pencapaian tersebut sebelumnya pernah diukir Mario Zagallo dan Franz Beckenbauer. Zagallo mengangkat trofi Piala Dunia pada 1958 dan 1962 sebagai pemain timnas Brasil, dan Piala Dunia 1970 saat menangani tim Samba.

Sementara itu, Beckenbauer menorehkan prestasi apik tersebut bersama timnas Jerman. Pria yang dijuluki Der Kaiser itu menjuarai Piala Dunia 1974 sebagai pemain, dan 1990 ketika duduk di kursi pelatih.

Kini, timnas Prancis tinggal selangkah lagi merengkuh trofi juara di Piala Dunia. Titel juara itu pun bakal melengkapi kerja keras Les Blues selama berada di Rusia.

Berikut ini adalah perjalanan timnas Prancis hingga lolos ke final Piala Dunia 2018. 

Fase Grup

Timnas Prancis tergabung di Grup C bersama Denmark, Peru, dan Australia. Paul Pogba dkk. tampil impresif pada penyisihan grup, dengan meraih dua kemenangan dan satu hasil imbang dari tiga laga.

Pada pertandingan pertama kontra Australia di Kazan Arena, 16 Juni 2018, Les Blues menang dengan skor 2-1. Timnas Prancis pun meraih kemenangan 1-0 atas Peru dalam laga kedua Grup C, di Central Stadium, 21 Juni 2018.

Dalam laga terakhir, Prancis gagal mendulang tiga poin. Mereka harus puas bermain 0-0 kontra Denmark di Luzhniki Stadium pada 26 Juni 2018.

Hasil tersebut membuat Tim Ayam Jantan lolos ke-16 besar dengan status juara Grup C dengan nilai tujuh. Mereka unggul dua poin atas Denmark yang berada di tempat kedua.

16 Besar

Pada 16 besar, timnas Prancis menghadapi lawan yang tak mudah yakni Argentina, di Kazan Arena, 30 Juni 2018. Kendati begitu, mereka mampu melewati hadangan Tim Tango dan menang dengan skor 4-3.

Keempat gol Prancis disarangkan Antoine Griezmann pada menit ke-13, Benjamin Pavard menit ke-57, dan Kylian Mbappe menit ke-64 serta 68′. Sementara itu, tiga gol Argentina dicetak Angel Di Maria pada menit ke-41, Gabriel Mercado menit ke-48, dan Sergio Aguero menit ke-90+3.

Perempat Final

Lolos ke perempat final, Les Blues kembali menghadapi tim dari Amerika Selatan. Kali ini, Uruguay yang menjadi lawan Tim Ayam Jantan.

Melakoni laga di Nizhny Novgorod Stadium pada 6 Juli 2018, Prancis menang dua gol tanpa balas atas Uruguay. Sepasang gol Prancis dicetak Raphael Varane menit ke-40 dan Antoine Griezmann menit ke-61.

Semifinal

Teranyar, timnas Prancis menghadapi Belgia dalam laga semifinal di Krestovsky Stadium, 10 Juli 2018. Les Blues meraih kemenangan berkat gol tunggal Samuel Umtiti pada menit ke-51.

Pada babak final, Prancis akan bertemu dengan Kroasia–tim yang mengalahkan Inggris. Sementara itu, Inggris dan Belgia akan merebutkan juara ketika dalam gelaran Piala Dunia 2018 ini.

 (bola)

LEAVE A REPLY