Robot “Kaki Ayam” yang Banyak Gunanya

0
Cassie Robot

RILITAS.COM, Iptek – Robot menjadi teknologi masa depan yang terlihat “begitu dekat” dengan manusia di dunia pada umumnya. Kenapa? Karena sekarang ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan robot sebagai salah satu “pekerjanya”. Misalnya saja di pabrik, restoran, dan lainnya.

Selain itu, para ilmuwan di bidang robotika juga sedang rajin-rajinnya meluncurkan inovasi di bidang robot. Sebut saja Jia Jia yang merupakan robot paling cantik sekarang ini, Airport Guide Robot yang diklaim akan menggantikan salah satu pekerjaan manusia di bandara yakni untuk bidang informasi, dan lainnya.

Ada lagi robot yang unik dan memiliki banyak fungsi untuk kegiatan manusia yakni Cassie. Robot hasil ciptaan Agility Robotics ini hanya berbentuk seperti sepasang kaki jenjang yang anehnya jika bergerak, gaya berjalannya mirip seperti seekor ayam.

Cassie sendiri dalam pembangunanya menghabiskan waktu 16 bulan pengembangan dengan biaya menyentuh $1 juta atau sekitar Rp 13,3 miliar yang disokong oleh Department of Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA).

Dengan mengusung desain kaki yang fleksibel, Cassie mampu berdiri, jongkok serta menyeimbangkan diri sendiri sehingga bisa dikatakan, robot ini mampu berjalan di medan yang mudah hingga sulit sekalipun.

Jika suatu saat Cassie mulai digunakan, nantinya robot itu bisa melakukan abnyak tugas seperti membantu tentara dalam misi pencarian atau penyelamatan, bahkan bisa juga digunakan sebagai robot pengirim barang-barang bagi masyarakat umum meski terlihat sedikit “creepy“. (fhp/hbs/tel)

LEAVE A REPLY