Mensos Idrus Sebut Syekh Nawawi Banten Inspirator Perjuangan Bangsa

0
Haul ke-125 Syekh Nawawi Al Bantani, di Tanara, Kabupaten Serang, Banten, Jum'at (13/7/2018).
Haul ke-125 Syekh Nawawi Al Bantani, di Tanara, Kabupaten Serang, Banten, Jum'at (13/7/2018).

RILITAS.COM, Serang – Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham mengatakan Syekh Nawawi Al Bantani merupakan sumber inspirasi perjuangan bangsa Indonesia. Hal itu dikatakan Idrus saat menghadiri acara haul ke-125 Syekh Nawawi Al Bantani, di Tanara, Kabupaten Serang, Banten, Jum’at (13/7/2018

“Saya ingin mengatakan, Syekh Nawawi adalah inspirator perjuangan bangsa,” kata Idrus saat memberi sambutan di lokasi.

Idrus menyanjung kebesaran nama Syekh Nawawi. Syekh Nawawi adalah ulama besar dan guru bagi banyak pendiri ormas Islam, seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

Menurut Idrus, salah satu peran Syekh Nawawi adalah menjadi pelopor pelaksanaan Islam rahmatan lil alamin (Islam jadi rahmat sekalian alam). Syekh Nawawi juga menurutnya ulama yang mengajarkan hubungan yang kokoh antara pemimpin negara dan para alim ulama.

Syekh Nawawi ialah salah satu ulama tersohor di Indonesia yang lahir di Tanara pada 1813. Syekh Nawawi meninggal di Mekah, Arab Saudi, pada 1997. Dia sempat menjadi imam di Masjidil Haram.

Syekh Nawawi merupakan ulama yang sangat produktif. Semasa hidup, dia menghasilkan lebih dari 100 kitab yang meliputi bidang ilmu fikih, tauhid, tasawuf, tafsir, dan hadis. Syekh Nawawi juga merupakan kakek buyut Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin.

Dalam acara ini, turut hadir Sekjen MUI Zainut Tauhid, Ketua MUI Bidang Informasi dan Komunikasi Masduki Baidowi, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (man)

LEAVE A REPLY