KNPI Dulu dan Sekarang

0

RILITAS.COM, Opini KNPI merupakan organisasi kepemudaan yang awalnya tergabung dengan kelompok cipayung, bernotabane para mahasiswa yang melakukan aksi penolakan masuknya modal asing dan dikenal dengan gerakan Malari.

Sebagai organisasi yang Independen, Mandiri, Kritis, cerdas serta kreatif dalam menghadapi permasalahan internal dengan manajemen organisasi dan eksternal dengan menjaga stabilitas dinamika organisasi, seharusnya bisa menjaga stabilitas politik di internal.

Namun, sangat disayangkan, pada beberapa tahun setelah dilakukannya terobosan dengan Visi KNPI kedepan yaitu sekitar tahun 2005, KNPI mengalami konflik internal dengan adanya dua kepemimpinan.

Adanya dua kepemimpinan terjadi sampai pada tahun-tahun berikutnya yaitu 2005 – 2018, kurang lebih dari 13 tahun organisasi KNPI tidaklah lelah dengan dinamika internalnya. Sebuah terobosan yang seharusnya dimiliki oleh kaum pemuda yang dari sebelum negara Indonesia merdeka sudah memiliki peran.

Namun jika kita lihat kemunduran dari organisasi KNPI dengan cita-cita penerusnya masih belum bisa direalisasikan, sehingga pemuda acuh tak acuh untuk terlibat didalam wadah organisasi tersebut.

Pada tahun berikutnya organisasi KNPI belum dapat melakukan terobosan untuk pemuda yang kedepannya akan menjadi estafet kepemimpinan maka harus adanya perombakan dan perubahan dalam pola pikir pengurus KNPI.

Jika memang tidak bisa untuk memberikan pendidikan dan sumbangsih kepada masyarakat dan bangsanya, maka dirasa perlu PEMBUBARAN organisasi KNPI yang sekarang menjadi MACAN OMPONG karena hanya dikuasai oleh sebagian kelompok saja.

Arief Wicaksana, Direktur Penelitian Pendidikan dan Sosial

LEAVE A REPLY