Gelar Diseminasi Pajak, Bapenda Banten Paparkan Tingkat Patuh Warga dalam Bayar Pajak

0
Foto: Dok/Ist

RILITAS.COM, Serang – Kepala Bidang Pendapatan Pajak Daerah Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten, Abadi Wuryanto mengatakan, tingkat kepatuhan warga Banten dalam membayar pajak berkisar antara 10 hingga 40 persen.  Hal ini disampaikan Wuryanto pada acara seminar Diseminasi Pajak Daerah yang bertemakan Bayar Pajak, bebas Bergerak.

“Kendaraan yang terdaftar di Provinsi Banten itu ada 5,1 juta yang didominasi kendaraan roda dua. Tapi masih ada sekitar 2,3 juta kendaraan yang belum mendaftar ulang,” paparnya.

Bapenda, menurut Wuryanto sudah melakukan inovasi dengan melakukan penelusuran data untuk mengetahui sejauh mana kewajiban membayar pajak masing-masing unit kendaraan.

“Beberapa inovasi yang kita lakukan seperti pendekatan pelayanan, pembayaran online, bekerja sama dengan alfamart dan indomart. Kemudian kita ada 11 kantor bersama Samsat Indo di Provinsi Banten dengan standar ISO 9001 2015, kita juga ada 43 gerai Samsat di mall dan di tempat strategis lainnya,” katanya.

Diselenggarakannya diseminasi pajak ini, kata Wuryanto, untuk menginformasikan bahwa pajak daerah itu merupakan pelaksanaan pembangunan

“Sebagai masyarakat dan selaku warga negara, wajib untuk patuh terhadap pembayaran pajak daerah. Pajak yang disampaikan oleh kami adalah pajak kendaraan bermotor, pajak balik nama kendaraan bermotor, pajak air permukaan, pajak bahan bakar dan pajak rokok,” kata Wuryanto.

Sesuai dengan peraturan undang-undang, kata dia, pajak daerah itu adalah wajib, bersifat memaksa dan jika tidak membayar akan dikenakan sanksi berupa denda. Wuryanto berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kepatuhan warga Banten dalam membayar pajak.

“Dengan diseminasi pajak ini, harapan kami peserta mengetahui manfaat dan tujuan membayar pajak kendaraan bermotor khususnya dan pajak daerah lainnya. Setelah tahu berapa tarifnya, bisa menginformasikan ke masyarakat lainnya. ” pungkasnya. (adv)

LEAVE A REPLY