Bapenda Banten, Jasa Raharja, dan Polda Banten Gelar Diseminasi Pajak Daerah

0
Foto: Istimewa

RILITAS.COM, Serang – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten didukung oleh Jasa Raharja Cabang Banten, Kepolisian Daerah (Polda) Banten, serta sejumlah Kampus se-Provinsi Banten menggelar Diseminasi Pajak dengan bertemakan Bayar Pajak, Bebas Bergerak. Kegiatan tersebut digelar diberbagai tempat yakni Kota Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Kepala Bidang (Bapenda), Abadi Wuryanto mengatakan, diseminasi pajak bertujuan menginformasikan bahwa pajak daerah merupakan pelaksanaan pembangunan. Sebagai masyarakat dan selaku warga negara, lanjut dia, wajib untuk patuh terhadap pembayaran pajak-pajak daerah.

“Seminar ini memberikan informasi tentang pajak kendaraan bermotor, pajak balik nama kendaraan bermotor, pajak air permukaan, pajak bahan bakar dan pajak rokok,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, kepatuhan orang bayar pajak antara 10 sampai 40% yang banyak didominasi kendaraan bermotor roda dua. Selain itu, lanjutnya, masih banyak juga kendaraan bermotor yang belum mendaftar ulang.

“Kita sudah melakukan inovasi penelusuran data dan banyak masyarakat dengan berbagai alasan. Oleh karena itu, sesuai dengan peraturan undang-undang bahwa pajak daerah itu adalah wajib dan bersifat memaksa. Jika tidak bayar pajak akan dikenakan sanksi yaitu denda,” tuturnya.

Ia berharap, mahasiswa dapat menginformasikan kepada masyarakat tentang pembayaran pajak. Dengan kegaiatan diseminasi pajak ini, diharapkan manfaat dan tujuan untuk membayar pajak kendaraan bermotor khususnya dan pajak daerah lainnya dapat tersampaikan kepada masyarakat luas.

“Diharapkan mahasiswa bisa menyampaikan kepada keluarga maupun lingkungan sekitarnya bayar pajak itu wajib dan taat lah untuk membayar pajak agar tidak terkena denda. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat bermanfaat dan bisa sadar akan wajib pajak,” katanya.

Sementara perwakilan Polda Banten, Kompol Warsono, SIK, SH, MH menjelaskan tentang “regident ranmol” yang merupakan fungsi kepolisian untuk memberikan legitimasi asal-usul dan kelaikan, kepemilikan serta pengoprasian ranmor, fungsi kontrol, forensik kepolisian dan pelayanan kepada masyarakat melalui verifikasi, pencatatan dan pendataan, penomoran, penerbitan dan pemberian bukti dan identifikasi ranmor, pengarsipan serta pemberian informasi. Tertib administrasi dalam rangka mewujudkan perlindungan dan kepastian hukum.

Semengtara Romi Agus Wijaya Kasubag SW Jasa Raharja Cabang Banten, sebagai narasumber ketiga menjelaskan jika membayar pajak sudah termasuk dalam Jasa Raharja, sehingga jika terjadi kecelakaan lalu lintas mendapatkan bantuan dari Jasa Raharja.

“Jasa Raharja juga menyediakan hak santunan dengan ketentuan yang sudah berlaku, sehingga segeralah untuk hubungi kantor Jasa Raharja terdekat jika anda atau keluarga anda mengalami kecelakaan lalulintas,” katanya. (adv)

LEAVE A REPLY