Penggunaan VAR di Piala Dunia Disetujui FIFA

0
Wasit menggunakan teknologi VAR. © AFP
Wasit menggunakan teknologi VAR. © AFP

RILITAS.COM, Olahraga – Badan sepakbola dunia FIFA akhirnya menyetujui penggunaan bantuan teknologi video assistant refereeing alias VAR di pentas sepakbola paling bergengsi, Piala Dunia.

Awal pekan kemarin, VAR telah mendapat restu dari badan pembuat aturan olahraga sepakbola dunia, International Football Association Board (IFAB) dalam rapat tahunan di Zurich, Swiss.

FIFA pun menggelar pertemuan di Kolombia pada Jum’at (16/3/2018) dan hasilnya presiden Gianni Infantino memastikan bahwa Piala Dunia akan menggunakan VAR.

“Kami juga berbicara tentang sepakbola, Piala Dunia 2018 akan menjadi Piala Dunia pertama yang menggunakan sistem video assistant refereeing (VAR),” ujar Infantino.

“Teknologi ini sudah diadopsi dan disetujui dan tentu kami sangat senang dengan keputusan ini,” lanjutnya.

Selama ini penggunaan VAR sudah dilakukan di beberapa kompetisi top Eropa, di antaranya Serie A Italia dan Piala FA Inggris.

Meski bisa menghasilkan keputusan yang benar-benar tepat, tapi penggunaan teknologi ini juga kerap mendapat kritik karena dianggap menghilangkan unsur natural dalam olahraga sepakbola. (fifa/pra)

LEAVE A REPLY