Ajak Seniman, Petinggi Partai Komunis China Temui Kim Jong Un

0
Petinggi Partai Komunis China (PKC) menemui Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un di Pyongyang pada akhir pekan lalu.(Foto:Dok/Reuters)

RILITAS.COM, Jakarta – Petinggi Partai Komunis China (PKC) menemui Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un di Pyongyang pada akhir pekan lalu.

Dalam lawatannya itu, Ketua Departemen Hubungan Luar Negeri PKC, Song Tao turut memboyong sekelompok seniman Negeri Tirai Bambu yang juga akan tampil di negeri terisolasi itu.

Media corong pemerintah Korut, KCNA, mengatakan Kim Jong-un menyambut “hangat” kedatangan Song dan delegasinya. Kepada Song, Kim disebut turut menyampaikan salam bagi Presiden Xi Jinping.

“Beliau mengatakan dengan sungguh-sungguh bahwa kawan-kawan di China telah memberikan keramahan dan sambutan yang hangat kepadanya ketika melakukan kunjungan tak terlupakan ke Beijing akhir Maret lalu,” tulis KCNA, Senin (16/4).

Dikutip Reuters, rekaman yang disiarkan televisi China menunjukkan Kim Jong-un menyambut kedatangan Song dengan pelukan. Keduanya lalu menggelar makan malam di sebuah aula besar.

Aula itu dihiasi foto raksasa Kim Jong-un dan Presiden Xi yang diambil bulan lalu di Beijing.

Dalam kesempatan itu, Song mengatakan bahwa lawatannya dilakukan guna membantu para pemimpin memajukan dan memperkuat pengembangan hubungan bilateral antara kedua negara menuju “fase baru”.

Dia juga mengatakan kunjungannya itu diharapkan bisa membantu Beijing dan Pyongyang membangun kontribusi bersama dalam menjaga stabilitas dan perdamaian di Semenanjung Korea.

Di pertemuan itu, Kim Jong-un dan Song juga turut bertukar pandangan mengenai hubungan kedua negara. KCNA menyebut Kim Jong-un berjanji akan mengembangkan “hubungan persahabatan kedua negara ke fase baru”.

Sementara itu, sekelompok seniman China turut memeriahkan pagelaran yang berlangsung di Mansudae Art Theather pada Sabtu (14/4/2018).Meski Kim Jong-un tak hadir dalam pagelaran itu, sang istri, Ro Sol Ju, sempat menyaksikan pertunjukan balet Giselle dari tim nasional China.

China selama ini dianggap sebagai sekutu terdekat Korut. Namun, relasi keduanya tak seerat dulu sejak Kim Jong-un menjabat sebagai pemimpin Korut 2011 lalu dan ambisinya mengenai senjata nuklir.

Namun Pyongyang dan Beijing kembali mendekat dalam beberapa waktu terakhir terutama setelah Kim Jong-un melakukan lawatan bersejarah ke China sekitar akhir Maret lalu menggunakan kereta api.

Kunjungan itu merupakan lawatan perdana Kim Jong-un keluar negeri. Lawatan Kim Jong-un ke China dilakukan menjelang pertemuan bersejarahnya dengan Presiden Korea Selatan Moon jae-in pada 27 April, dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump sekitar akhir Mei mendatang.(cn)
.

LEAVE A REPLY