Motor Listrik Hemat Bahan Bakar Dan Perawatan

0

RILITAS.COM, Serang – Di tengah mahalnya harga  bahan bakar dan suku cadang kendaraan saat ini, kendaraan yang hemat energi dan efisien menjadi salah satu alternatif harapan masyarakat untuk bisa terus berkendaraan. uniknya, kendaraan ini bukanlah produksi luar negeri, tetapi hasil karya mahasiswa banten sendiri.

Sepeda dan motor listrik inilah hasil produksi mahasiswa Balai Latihan Kerja yang berada di provinsi banten. sekilas tidak ada beda bentuk sepeda dan motor ini dengan sepeda dan motor pada umumnya.

Tetapi jika diperhatikan bentuk mesinnya lah yang agak unik, karena bukan berupa  mesin motor tetapi berupa baterai yang bisa dicash. terutama motor listrik, dibuat dari motor bekas pelatihan yang sudah benar-benar rusak. rafiu saidu ramdan, salah satu dari enam mahasiswa yang menciptakan motor ini mengaku motor listrik ini tidak hanya hemat bahan bakar saja tetapi juga efisien.

Selain motor, hasil karya mahasiswa balai kerja ini berupa sepeda listrik. sepeda ini cara pengoperasionalannya sama dengan sepeda lain yang harus dikayuh. tetapi di tangan para mahasiswa ini sepeda ini kemudian dimodivikasikan sehingga kecepatan dan jarak tempuh kayuhnya bisa lebih lama dari sepeda biasa.

Untuk saat ini, sepeda dan motor ini belum diperjualbelikan secara bebas. para masiswa baru memakainya di sekitar lokasi balai latihan kerja saja.

Namun, mereka berharap hasil karya mereka bisa diminati banyak orang sehingga bisa membantu memecahkan permasalahan masyarakat yang kesulitan bertransportasi di tengah mahalnya harga bahan bakar saat ini.(man)

LEAVE A REPLY