Ini Makna Google Doodle 17 Agustus Karya Seniman Indonesia

0
Google Doodle

RILITAS.COM, Iptek – Google Doodle turut merayakan hari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2017. Jika masuk ke laman Google search, Anda akan disuguhkan enam karakter yang mewakili suku-suku di Indonesia. Mereka berada di perahu yang sama.

Dalam situs blognya, melalui gambar tersebut, Google berusaha merangkum semangat kesatuan dalam keragaman yang tercermin dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika ke dalam Google Doodle.

Google juga menulis, perayaan hari kemerdekaan di Indonesia kerap diisi dengan berbagai macam permainan tradisional, seperti panjat pinang, balap karung, dan lomba memasak. Ada juga parade dan dekorasi bendera merah putih. Upacara bendera juga digelar pada hari kemerdekaan.

Doodle hari ini ternyata digambar oleh seniman Indonesia, Aditya Pratama. Dia adalah ilustrator asal Bandung. Karya-karyanya bisa Anda lihat di laman Behance.net.

Jika diklik, mesin pencarian akan membawa pada laman pencarian dengan subjek “Hari Kemerdekaan Indonesia”. Selain menampilkan hasil pencarian tentang momen kemerdekaan Indonesia, laman pertama pencarian juga menampilkan poling sejumlah lomba favorit yang biasa diadakan saat momen 17 Agustus.

Saat hari kemerdekaan Indonesia tahun lalu, Google juga membuat doodle. Kala itu, temanya adalah tiga orang anggota pasukan pengibar bendera pusaka. Tahun sebelumnya, 2015, Google Doodle mengambil tema Tugu Proklamasi.

Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945. Kemerdekaan ini diproklamasikan oleh Presiden dan Wakil Presiden saat itu, Soekarno dan Hatta di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.

Teks naskah Proklamasi ditulis dengan tangan sendiri oleh Ir. Soekarno sebagai pencatat yang kemudian diketik oleh Sayuti Melik. Sementara yang merumuskan proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia terdiri dari Tadashi Maeda, Tomegoro Yoshizumi, S. Nishijima, S. Miyoshi, Mohammad Hatta, Soekarno, dan Achmad Soebardjo. (amr/tmp)

LEAVE A REPLY