Jepang Bantu Korban Gempa Lombok Rp5 Miliar

0
Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii saat memberi bantuan dana untuk korban gempa bumi Lombok, Nusa Tenggara Barat, kepada Palang Merah Indonesia, Kamis (16/8), di Markas Pusat PMI di Jakarta. (CNN Indonesia/Riva Dessthania Suastha)
Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii saat memberi bantuan dana untuk korban gempa bumi Lombok, Nusa Tenggara Barat, kepada Palang Merah Indonesia, Kamis (16/8), di Markas Pusat PMI di Jakarta. (CNN Indonesia/Riva Dessthania Suastha)

RILITAS.COM, Internasional – Jepang menggelontorkan dana sebesar 40 juta yen atau setara Rp5 miliar untuk korban dan pemulihan gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis (16/8/2018).

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii mengatakan bantuan tersebut berasal dari donasi Palang Merah Jepang atau Japanese Red Cross Society sebanyak 10 juta yen dan sumbangan pemerintah termasuk sejumlah organisasi masyarakat sipil sebesar 30 juta yen.

“Bantuan ini sebagai bentuk balasan karena Indonesia hadir saat Jepang dilanda bencana gempa dan tsunami beberapa waktu lalu,” kata Ishii saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Ketua Umum PMI Ginandjar Kartasasmita di markas pusat PMI, Kamis (16/8).

“Karena itu, apa pun yang kami bisa lakukan, kami siap membantu Indonesia. Kami ada bersama warga dan pemerintah Indonesia,” ucapnya menambahkan.

Gempa berkekuatan 7 skala Richter kembali menggucang Lombok dan sekitarnya pada Minggu (5/8) lalu. Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), gempa yang terasa hingga Pulau Bali itu sampai saat ini telah menewaskan 460 orang dan melukai 7.773 lainnya.

Sebanyak 396 orang meninggal di Kabupaten Lombok Utara, 39 orang di Kabupaten Lombok Barat, 12 orang di Kabupaten Lombok Timur, sembilan orang di Kota Mataram, dua orang di Kabupaten Lombok Tengah, dan dua orang di Kota Denpassar.

Sementara itu, dari ribuan orang terluka, 959 orang mengalami luka berat hingga membutuhkan rawat inap dan 6.774 sisanya mengalami luka ringan atau sedang dalam tahap rawat jalan.

BNPB juga mencatat kerugian mencapai Rp7,45 triliun, di mana sedikitnya 71.962 rumah rusak berat, sedang, hingga ringan. Selain itu, sebanyak 671 unit fasilitas pendidikan, 52 unit fasilitas kesehatan, 128 unit fasilitas peribadatan, 20 unit perkantoran dan 6 unit jembatan mengalami kerusakan.

Selain bantuan dana, Ishii mengatakan Jepang akan membantu memasok air bersih dan pertolongan medis bagi para korban gempa.

Tak hanya Jepang, sejumlah negara juga sudah memberikan kontribusi kepada pemerintah Indonesia untuk membantu pemulihan kondisis di Lombok.

Pemerintah Taiwan bersedia menawarkan bantuan untuk membangun kembali 100 rumah warga yang rusak dengan biaya sekitar Rp3 miliar.

Singapura juga telah merogoh kocek sebesar Rp1,4 miliar sebagai dana awal bantuan bagi pemulihan gempa Lombok. Dana itu didapat dari penggalangan dana publik yang digelar Palang Merah Singapura.

Tak ingin ketinggalan, China juga menyumbang sedikitnya Rp1,44 miliar untuk para korban terdampak gempa Lombok.

Tak hanya bantuan, gempa Lombok juga menyorot perhatian dunia. Sejumlah negara sahabat seperti Malaysia, Korea Selatan, Australia, Inggris, hingga Iran turut mengungkapkan belasungkawa dan dukungannya terhadap warga dan pemerintah Indonesia, terutama para keluarga korban terdampak bencana. (nat/cnn)

LEAVE A REPLY