Klub-Klub Premier League Paling Untung Sekaligus Paling Boros

0

RILITAS.COM, Olahraga – UEFA melaporkan bahwa klub-klub Premier League tercatat berhasil meraih pendapatan terbesar sekaligus paling boros di antara liga-liga Eropa lainnya. Hal ini terjadi karena banyak klub-klub besar di Premier League yang memiliki dukungan finansial kuat.

Pada edisi ke-10 laporan The European Club Footballing Landscape, UEFA mengamati kesehatan finansial dari 55 anggota asosiasi mereka. Di antara banyaknya liga-liga tersebut, Premier League muncul sebagai liga yang meraih pendapatan terbesar sekaligus beban gaji yang masif.

Adapun di tahun 2017 lalu, klub-klub Premier League meraih pendapatan total 5,3 miliar euro alias 4,6 miliar poundsterling. Jumlah tersebut nyaris dua kali lipat dari La Liga (2,5 miliar pounds), dan Bundesliga (2,4 miliar pounds), dan jelas jauh unggul dari Serie A (1,9 miliar pounds) dan Ligue 1 (1,4 miliar pounds).

Di antara 20 klub Premier League, Manchester United sekali lagi terbukti sebagai klub yang meraih pendapatan terbesar, yakni 593 juta pounds pada tahun 2017 silam. Meski demikian, MU diprediksi sedikit menurun pada tahun 2018 lalu.

Terdapat 13 klub Premier League dalam top 30 klub Eropa dengan pendapatan terbesar. Hal ini terjadi karena pendapatan hak siar televisi yang masif, yang menyumbang sekitar 54 persen dari total pendapatan klub.

Total beban gaji klub Premier League pada 2017 lalu mencapai 2,6 miliar pounds, yang juga tertinggi di Eropa. Premier League tetap tak bisa dikalahkan dalam hal ini meski nilai tukar poundsterling terus menurun dari euro.

Juga, sembilan dari 20 pemain dengan gaji terbesar bermain di Premier League – Manchester City, Manchester United, Chelsea, Liverpool, Arsenal, Tottenham, Crystal Palace, Leicester, Southampton.

Tak hanya itu, juara bertahan Premier League, Manchester City juga dinilai sebagai skuat dengan nilai jual paling besar saat ini. Pasukan Pep Guardiola ini bernilai 702 juta pounds, jauh lebih unggul dari klub-klub Premier League lainnya.

Pembelian Riyad Mahrez yang memecahkan rekor Man City (60 juta pounds) juga membantu skuat mereka menyalip nilai skuat Real Madrid, yang total bernilai 693 juta pounds.

Di bawah Man City dan Real Madrid, ada Manchester United di posisi ketiga. Lalu Chelsea mengekor di posisi keempat.

LEAVE A REPLY