Pelayanan Adminduk Kab Serang Terhambat

0
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Serang

RILITAS.COM, Serang – Upaya pemerintah dalam melengkapi identitas penduduk terus ditingkatkan, di antaranya dengan memberikan kemudahan fasilitas pembuatan lebih dari satu dokumen dalam satu kepengurusan, meskipun tidak dipinta. namun, di Kabupaten Serang pelayanan ini sempat terhambat karena servernya yang tersambar petir.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Serang Asep Saefudin mengakui adanya kerusakan server yang mengakibatkan terhambatnya pelayanan kepada masyarakat.

Ia mengungkapkan jika server tersambar petir saat hujan, sehingga kamis pagi hingga siang mereka tidak bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat. Namun kerusakan ini sudah bisa diperbaiki sehingga jumat pelayanan bisa dilakukan kembali. Ujar Asep Saefudin, Kadisdukcapil Kab Serang.

Kamis pagi hingga siang, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Kependudukan, dan Keluarga Berencana atau DP3AKKB Provinsi Banten Siti Ma’ani Nina meninjau langsung kondisi pelayanan Dukcapil Kabupaten Serang dan perbaikan server.

Ia berharap pelayanan bisa normal kembali setelah server selesai diperbaiki. apalagi, saat ini pihaknya sedang meningkatkan pelayanan dengan sistem administrasi kependudukan atau adminduk yang two in one hingga four in one.Kata Siti Ma’ani Nina, Ka DP3AKKB Provinsi Banten.

Sistem Adminduk yang memberikan lebih dari dua dokumen dalam satu kepengurusan ini sebenarnya  merupakan program kementrian dalam negeri. sistem adminduk ini dilakukan karena selama ini pendataanmasyarakat dan kelengkapan dokumen pribadi masyarakat seringkali tidak lengkap.

Ironisnya, masih banyak masyarakat yang belum sadar tentang arti penting dokumen pribadi, dan baru  membuat salah satunya jika ada keperluan. diharapkan dengan adanya sistem adminduk ini maka  upayatertib administrasi kependudukan secara nasional bisa tercapai.(man)

LEAVE A REPLY