India Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua

0
Ilustrasi Agni-V. (Reuters/Indian Defence Research and Development Organisation)
Ilustrasi Agni-V. (Reuters/Indian Defence Research and Development Organisation)

RILITAS.COM, Internasional – India mengklaim berhasil melakukan uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) Agni-V pada Kamis (18/1/2018).

Kementerian Pertahanan India menyatakan, uji coba rudal itu dilakukan di Abdul Kalam, sebuah pulau di pesisir timur negara bagian Odisha pada Kamis pagi.

India menyatakan bahwa uji coba nuklir ini merupakan “bukti besar” dari kemampuan pertahanan negara pimpinan Narendra Modi tersebut.

Menurut Asosiasi Ilmuwan Amerika, India diyakini memiliki sekitar 120-130 rudal. Agni-V adalah salah satu rudal jarak jauh paling mutakhir dalam gudang senjata India.

Sebagaimana dilansir CNN, rudal itu sudah diuji lima kali sejak 2012. Rentetan uji coba itu membuat geram dua rival India di kawasan, Pakistan dan China.

Setahun belakangan, hubungan India dan China memanas akibat sengketa perbatasan di dekat wilayah Doklam.

Peluncuran ini juga bertepatan dengan penyelenggaraan konferensi geopolitik andalan India, Raisina Dialogue 2018.

Saat uji coba berlangsung, dalam konferensi itu tengah digelar panel bertajuk “Ketidakpastian Nuklir: Mengelola Kerangka Nuklir Global”.

Vipin Narang, profesor ilmu politik dari MIT, menganggap pemilihan waktu uji coba ini sangat menarik.

“Waktunya tak hanya bertepatan dengan Doklam, tapi juga Dialog Raisina sangat menarik,” katanya melalui akun Twitter pribadinya.

(has/cnn)

LEAVE A REPLY