Selamatkan Bumi, Ilmuwan India Gunakan Drone untuk Tebar ‘Bom’

0

RILITAS.COM, Iptek – Boleh dibilang Bumi yang kita tempati sekarang ini semakin tua dan bahkan sudah mulai terasa efek dari global warming tak hanya dirasakan oleh manusia saja, tapi juga oleh makhluk hidup lainnya. Untuk itu, sekelompok ilmuwan asal India berinisiatif menyelematkan bumi dengan menggunakan bom yang dijatuhkan dari atas drone.

Tak dapat dipungkiri, kerusakan bumi memang diakibatkan oleh ulah manusia sendiri yang kurang menjaga lingkungan. Sebut saja seperti membuang sampah sembarangan, mengotori lingkungan bahkan hingga melakukan penggundulan hutan untuk membangun tempat baru atau keperluan duniawi lainnya.

Lantas bagaimana cara kita menyelamatkan Bumi? Mungkin sekelompok ilmuwan asal India ini bisa menjadi salah satu solusi untuk membuat Bumi kita kembali nyaman. Kelompok ilmuwan dari Indian University serta Indian Institute of Science ini sedang bersiap untuk menyelamatkan lingkungan dengan memanfaatkan teknologi drone.

Para ilmuwan tersebut saat ini sedang bekerja sama untuk melakukan reboisasi di tepian sungai Pinakini di sekitar distrik Karnataka Kolar, India. Mereka memanfaatkan drone untuk membantu pekerjaan mereka, dan sudah diuji coba pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni lalu.

Nantinya drone yang diterbangkan itu akan dipasangkan bom dan siap dijatuhkan di beberapa wilayah. Jangan berpikiran negatif dulu, karena bom yang digunakan akan berisi benih tumbuhan yang akan ditanam di tempat yang sulit terjangkau sehingga mengubah lahan yang gundul menjadi hijau kembali.

“Saya kecil di daerah itu dan merupakan seorang anak petani yang menjadi akademisi. Saya ingin mengembalikan masa mudaku di mana sungai ketika itu mengalir tiga sampai empat bulan dalam setahun,” kata Profesor KPJ Reddy menjelaska tujuan mulianya.

Pekerjaan yang bisa menyelamatkan lingkungan tersebut diproyeksikan akan terus berjalan selama tiga tahun secara berturut-turut, dengan menghijaukan 10.000 hektar lahan gundul setiap tahunnya.

Nantinya drone itu akan menjatuhkan bom yang berisi bibit di atas lahan yang gundul. Bibit yang akan disebar akan memiliki banyak variannya dan akan dibungkus pada sebuah wadah yang berisi tanah dengan pupuk kandang untuk mempercepat proses pertumbuhan.

Nah ketika “bom” itu sudah mencapai tanah, otomatis wadah akan terbuka dan membiarkannya untuk tumbuh dan menyelamatkan lingkungan sekitar. (fhp/hbs/tel)

LEAVE A REPLY