Cetak Rekor Dunia, Kemenpora dan Bekasi Gelar Gerak Jalan Keluarga Ceria

0
Imam Nahrawi
Imam Nahrawi

RILITAS.COM, Bekasi – Kementerian Pemuda dan Olahraga bekerja sama dengan Pemkot Bekasi berhasil menciptakan rekor dunia peserta terbanyak saat menggelar kegiatan jalan sehat Gerakan Keluarga Berolahraga Ceria (Gelora) yang diikuti sekitar 7.000 kepala keluarga di Bekasi, Jawa Barat, Minggu (21/5).

“Ini momentum yang langka karena baru pertama ini diselenggarakan Gelora. Semoga Gelora benar-benar menggelora dari Bekasi hingga seluruh kota di Indonesia,” kata Menpora Imam Nahrawi saat melepas peserta di jalan utama Kota Bekasi.

Imam yang didampingi istrinya Shobibah Rohmah, Staf Ahli Kemenpora Yuni Poerwanti dan Walikota Bekasi Rahmat Effendi menyatakan penghargaan atas komitmen kota Bekasi untuk memajukan gerakan olahraga yang berbasis keluarga.

Gelora, menurut Menpora, adalah suatu terobosan baru yang dibuat oleh Kemenpora untuk mengajak masyarakat atau dalam satu keluarga untuk giat berolahraga.

Untuk memberikan contoh kepada masyarakat bahwa kebiasaan berolahraga harus dimulai dari lingkungan keluarga. Imam pun mengajak ke empat putrinya ikut berjalan kurang lebih 6 kilometer menyusuri Jalan Ahmad Yani yang bebas kendaraan bermotor (car free day), yang berbaur bersama masyarakat.

“Selain bisa mendapatkan kesehatan, kita juga bisa berinteraksi antara masyarakat satu dengan yang lain. Bisa dengan foto bersama, ngobrol, bersepeda atau apapun kegiatan lainnya,” kata Imam.

Sementara itu Staf Ahli Kemenpora Bidang Politik Yuni Poerwanti yang merupakan pemrakarsa program menyatakan kegembiraannya dengan terciptanya rekor dunia itu.

“Dengan kehadiran 7.000 keluarga dan satu keluarga diasumsikan tiga orang, berarti secara keseluruhan jumlahnya sudah 21 ribu, belum ditambah yang datang secara individu,” kata Yuni.

Menurut Yuni, program Gelora ini adalah salah satu program yang pada intinya mengajak masyarakat untuk gemar berolahraga dan kebiasaan berolahraga tersebut harus dimulai dari unit terkecil dalam masyarakat, yaitu keluarga.

“Sekarang ini banyak keluarga yang jarang berolahraga, akibatnya banyak anak-anak yang mengalami obesitas. Oleh karena itu Gerakan Keluarga Berolahraga Ceria adalah bagian gerakan untuk mengajak masyarakat berolahraga, ” kata Yuni. Penciptaan rekor dunia tersebut menurut Yuni dicatatkan oleh LEFRID (Lembaga Prestasi Indonesia Dunia).

“Pihak LEFRID sudah melakukan verifikasi. Menurut mereka, selama ini belum ada pihak yang menginisiasi atau menjadi inisiator untuk menggerakan keluarga berolahraga dalam jumlah massal,” katanya.(B1)

LEAVE A REPLY