Pemkab Pandeglang Ancam Blacklist Kontraktor Jalan Sodong-Kadumula

0
Ilustrasi. (Foto: Dok/Net)

RILITAS.com, Pandeglang – Asisten Daerah (Asda) II Bidang Pembangunan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang, Iskandar, sangat mengapresiasi kritikan yang disampaikan oleh beberapa OKP yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Pemuda Sodong (AMPAS).

Menurutnya, semua kritikan yang disampaikan semata-mata untuk membangun Pandeglang. Dan, sebagai pelayanan masyarakat, tentunya Pemkab Pandeglang akan menindaklanjuti dan memperbaiki kekurangan dan kelemahan dalam proyek Jalan Sodong-Kadumula.

“Tentunya, bila pihak ketiga (pelaksana proyek) melanggar, sanksi tegas yang akan diambil sesuai dengan isi kontrak. Namun, langkah yang akan dilakukan saat ini adalah, memberi peringatan terlebih dahulu. Jika tidak diindahkan, maka sanksi tegas seperti putus kontrak dan blacklist sesuai rekomendasi Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) akan berlaku,” kata Iskandar usai melakukan audensi.

Terkait pembangunan inspatuktur yang tidak sesuai spesifikasi, kata Asda II, salah satu penyebab dikarenakan keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM). Sehingga, tugas pemerintah harus memfasilitasi pihak ketiga.

“Jadi semua pembangunan sudah kami tugaskan kepada pihak ketiga dan didampingi oleh konsultan. Walaupun ada konsultan kami juga mempunyai tim Provisional Hand Over (PHO) untuk menilai sejauh mana kinerja para kontraktor,” ujarnya.

Diketahui, pengerjaan proyek Jalan Sodong-Kadumula sepanjang 600 meter di Kampung Batukuda, Desa Sindanghayu, Kecamatan Saketi, di duga dikerjakan asal-asalan.

Selain diduga bahan baku yang digunakan pelaksana proyek tidak sesuai spesifikasi, juga pada betonisiasi jalan yang baru rampung itu, ditemukan retakan.

Warga sekitar lokasi proyek bahkan mengancam akan menggelar aksi protes besar-besaran dan melaporkan proyek yang menelan anggaran Rp1,8 miliar dari APBD Pandeglang itu ke Kejaksaan. (zis/K6)

LEAVE A REPLY