Peringati Hari Kartini, Sejumlah Mahasiswa Gelar Aksi Bagi Bunga

0
HMI komisariat STIE PPI citra raya menggelar aksi damai dan pembagian bunga kepada pengguna jalan di sekitar bunderan 1 citra raya pada (21/04/2018).(Foto:Dok/Uci)

RILITAS.COM, Tangerang – Raden Adjeng Kartini atau sebenarnya lebih tepat disebut Raden Ayu Kartini adalah seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

Perjuangan Kartini sebagai salah satu tokoh sentral dalam perjuangan pendidikan dan kesetaraan wanita di Indonesia harus mendapatkan apresiasi yang tinggi oleh Kartini Jaman Now yang terus aktif dalam berbagai aktivitas yang membangun bangsa.

Melalui Momentum Itu, HMI Komisariat STIE PPI Citra Raya menggelar aksi damai dan pembagian bunga kepada pengguna jalan di sekitar bunderan 1 citra raya pada (21/04/2018).

Disampaikan Ani Apriani, selaku koordinator aksi damai ketika ditemui di lapangan. Dalam rangka memperingati hari Kartini, kami turun ke jalan demi mengingatkan jasa-jasa perjuangan pahlawan wanita Indonesia yang telah menyeruakan hak-hak perempuan pada masanya, yang melahirkan emansipasi wanita agar perempuan Indonesia bisa mendapatkan hak-haknya seperti pendidikan layaknya kaum laki-laki.
“Ini adalah bentuk kepedulian kami terhadap jasa para pahlawan  perempuan yang telah memperjuangkan haknya yang tertindas oleh budaya partiarkhi” ujar Ani Apriani selaku koordinator aksi.
Untuk aksi ini, mereka juga menggandeng para aktivis perempuan yang ada di kabupaten Tangerang dan BEM se-Kabupaten Tangerang untuk bersama-sama menyeruakan kepedulian dan pengetahuan kepada khalayak umum.
Dalam kesempatan yang sama, Novita yang juga sebagai perwakilan dari BEM se-Kabupaten Tangerang, Selain ikut menyeruakan hak-hak perempuan dan mengenang masa perjuangan R.A Kartini, dengan aksi damai turun ke jalan kita juga berharap bisa berpikir kritis dan bisa mempunyai pemikiran yang sepadan bahkan lebih dari R.A Kartini.
“perempuan masa kini harus bisa menyadarkan ke masyarakat sekitar bahwa, perempuan itu memiliki hak yang sama dengan kaum laki-laki, tidak hanya dapur, sumur dan kasur. Kita juga punya hak untuk menuntut pendidikan yang lebih tinggi lagi” jelas Novita.
Setelah melakukan aksi pembagian bunga, mereka akan melakukan aksinya di dalam ruangan, yaitu membedah film kartini.(uci)

LEAVE A REPLY