3 Masakan Khas Korea yang Bisa Dicoba Sendiri di Rumah

0

RILITAS.COM, Kuliner – Bukan hanya K-Pop dan K-Drama, kini makanan Korea juga banyak digemari orang Indonesia karena kelezatannya. Makanya tidak heran deh kalau di Indonesia sudah banyak restoran yang menyajikan makanan khas negeri gingseng ini. Selain restoran Korea yang kian menjamur di Indonesia, sekarang banyak juga supermarket yang menjual bahan-bahan masakan Korea. Jadi, bukan cuma bisa makan, kamu juga bisa membuat beragam makanan khas Korea sendiri di rumah. Mau tau kuliner khas Korea apa saja yang bisa kamu buat di rumah? Yuk, simak cara membuat masakan khas Korea yang mudah dengan bahan-bahan yang simpel ini.

Mini Kimbap

Foto: Korean Bapsang
Foto: Korean Bapsang

Kimbap adalah makanan khas Korea yang bentuknya mirip dengan sushi. Makanan khas Korea yang satu ini terbuat dari nasi dengan beragam isian, seperti sayuran, telur dadar, atau sosis yang digulung dengan rumput laut kering. Kamu juga bisa lho membuat sendiri versi mini dari kimbap sebagai camilan saat nonton drama Korea.

Sebelum membuat, yuk siapkan bahan-bahannya dulu. Pertama, siapkan umput laut kering dan nasi sebagai bahan utama untuk membuat kimbap. Tak perlu menggunakan rumput laut khusus, kamu bisa juga menggunakan rumput laut kering yang banyak dijual di mini market. Untuk isian, kamu bisa menggunakan timun, wortel, bayam, sosis, dan telur dadar. Bisa juga disesuaikan dengan bahan-bahan yang kamu punya di rumah.

Cara membuat mini kimbap cukup mudah. Pertama, potong sayuran, telur dadar, dan sosis yang sudah digoreng sebesar batang korek api. Rebus sayuran satu per satu dalam air mendidih yang telah diberi sedikit garam. Kedua, campurkan 1 piring nasi dengan 1 sdm minyak wijen dan 1 sendok teh garam. Ketiga, kamu hanya perlu menata sedikit nasi di atas 1 lembar nori kering hingga merata. Kemudian susun isian kimbap di salah satu sisi sesuai selera. Usahakan untuk tidak menumpuk isian terlalu banyak agar nori tidak sobek, ya. Gulung kimbap sambil agak ditekan secara perlahan agar menjadi padat dan tergulung sempurna. Untuk penyajian, kamu bisa menaburkan biji wijen di atasnya.

Bibimbap

Foto: Taste
Foto: Taste

Bibimbap merupakan salah satu makanan paling ikonik dari Korea Selatan. Bibimbap berasal dari kata bibim yang berarti campur dan bap yang berarti nasi. Sesuai dengan namanya, bibimbap adalah nasi campur ala Korea. Tak cuma enak, secara penampilan bibimbap terlihat sangat menarik.

Sama seperti kimbap, kamu bisa menyesuaikan bahan yang kamu punya di rumah untuk membuat nasi campur Korea ini. Kamu bisa menggunakan sayuran seperti timun, wortel, bayam, tauge, dan bisa juga menambahkan daging sapi tumis. Kalau kamu tak suka daging, bisa diganti dengan sosis, bakso, atau jamur. Untuk sausnya, kamu bisa menggunakan gochujang, yaitu pasta cabai khas Korea.

Membuat bibimbap memang agak sedikit lebih kompleks karena bahan-bahan harus dipersiapkan satu per satu. Tumis timun dan wortel yang telah dipotong menyerupai batang korek api. Untuk bayam dan tauge, cukup direbus dengan air yang telah diberi sedikit garam. Supaya lebih simpel, kamu bisa mengganti daging dengan sosis atau jamur yang dipotong dadu kemudian ditumis dan diberi sedikit kecap asin.

Setelah siap, kamu bisa menata semua bahan tersebut di atas nasi putih dengan cara melingkar sesuai dengan jenisnya. Biasanya orang Korea akan menambahkan telur mentah di tengah-tengah bibimbap. Tapi kalau kamu tidak suka telur mentah, kamu bisa menggunakan telur mata sapi matang atau setengah matang. Selanjutnya, kamu tinggal menambahkan saus gochujang yang sudah dicampur sedikit air, bawang putih cincang, dan kecap asin ke dalam bibimbap yang kamu buat. Terakhir, kamu bisa menaburkan biji wijen diatasnya. Bibimbap pun siap disantap!

Ramyeon

Foto: Korea Iyaa
Foto: Korea Iyaa

Ini dia salah satu makanan yang paling sering muncul dalam drama Korea. Ramyeon alias mie instan memang menjadi makanan favorit orang Korea. Cara membuatnya yang praktis dan mudah serta rasanya yang enak membuat banyak yang jatuh cinta dengan hidangan mie kuah yang satu ini.

Untuk membuat ramyeon, bahan yang kamu butuhkan adalah mie instan Korea, telur, dan daun bawang. Selain tiga bahan utama itu, biasanya orang Korea juga berkreasi dengan menambahkan bahan pelengkap seperti keju, sosis, rumput laut kering, atau kimchi agar cita rasa si ramyeon makin sedap. Orang Korea punya kebiasaan makan ramyeon yang unik, yaitu mereka akan makan mie langsung dari pancinya.

Cara membuat ramyeon ala Korea ini sebenarnya hampir sama dengan membuat mie instan pada umumnya. Pertama, masukkan mie dan bumbu ke dalam air mendidih. Kedua, kocok 1 butir telur kemudian masukkan ke dalam mie yang sedang di rebus. Ketiga, kamu bisa menambahkan 1 slice keju di atas ramyeon, tutup panci hingga keju sedikit meleleh. Setelah matang, berikan taburan daun bawang yang telah diiris tipis. Ramyeon pun siap disajikan.

Bagaimana ShopBackers? Cara membuat masakan khas Korea di atas mudah dan praktis, kan? Bahan-bahan yang dipakai juga bisa disesuaikan sama selera dan kebutuhan kamu. So, kalau kamu lagi ingin makan makanan Korea, bisa langsung buat sendiri deh di rumah!

(snt/sb)

LEAVE A REPLY