Bupati Pandeglang: Litbang Jangan Berjalan Parsial

0
Bupati Pandeglang Irna Narulita (Kanan) dan Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban (Kiri) (Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara)
Bupati Pandeglang Irna Narulita (Kanan) dan Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban (Kiri) (Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara)

RILITAS.COM, Pandeglang – Bupati Pandeglang, Provinsi Banten, Irna Narulita menekankan agar hasil penelitian dan pengembangan (litbang) tidak berjalan parsial.

“Kita tidak ingin berjalan parsial, karena itu dijalin kerja sama dengan beberapa universitas/perguruan tinggi,” katanya di Pandeglang, Kamis.

Kerja sama dengan perguruan tinggi itu dalam mengembangkan sistem inovasi daerah (sida) guna mendukung memaksimalkan pengelolalan sumber daya alam (SDA), sehingga ada kolaborasi antara pemkab dengan para penelitian dari universitas itu.

Pemkab Pandeglang telah menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan/universitas serta pihak lainnya untuk berkolaborasi dalam mengoptimalkan penelitian dan pengembangan (litbang) dan sistem inovasi daerah (sida).

Perguruan tinggi/universitas yang digandeng Pemkab Pandeglang, yakni Universitas Trisakti, Universitas Veteran, Institut Pertanian Bogor, Universitas Mathlaul Anwar, STIA Banten dan STISIP Banten Raya.

Selain itu, Pemkab Pandelang juga menjalin kerja sama dengan World Waternet serta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Sehingga, lanjut dia, hasil litbang dan sida yang diperoleh akan lebih maksimal dan dapat dimanfaatkan untuk pengelola potensi sumber daya alam yang ada.

“Hasil yang ingin kita capai dengan adanya kolaborasi ini yakni untuk mengembangkan dan memanfaatkan potensi serta meningkatkan kapasitas masyarakat dan lembaga-lembaga daerah melalui penerapan dan pemasyarakatan teknologi untuk mendukung pembangunan daerah,” katanya.

Membangun kerja sama ini merupakan suatu langkah terobosan yang dilakukan. Harapkan inovasi daerah dapat berkembang dengan adanya kerja sama ini sehingga ke depan Pandeglang lebih maju lagi. (ant)

LEAVE A REPLY