BPOM Imbau Masyarakat Jadi Smart Consumer

0

RILITAS.COM, Serang – Peredaran obat dan makanan yang dijual bebas di pasaran makin beragam. Dengan kemasan yang menarik dan harga yang terjangkau, tak sedikit obat dan makanan ini ternyata mengandung bahan-bahan yang berbahaya untuk dikonsumsi. Ironisnya, banyak masyarakat yang tidak menyadari hal ini seingga tak sedikit yang menyebabkan gangguan kesehatan dan bahkan ada yang menyebabkan kematian.

Karena itu, Kepala Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Serang, Nurjaya Bangsawan mengimbau masyarakat untuk menjadi smart consumer atau pembeli yang cerdas.

“Masyarakat harus bisa secara detail memperhatikan kemasan produk yang hendak dibeli sehingga mengerti tentang manfaat dan jaminan keamanan mengonsumsinya,” kata Nurjaya, kemarin.

Menurut Nurjaya, Balai POM mempunyai fungsi mengawasi produk obat dan makanan. Namun ironisnya, belum semua daerah di Provinsi Banten yang bisa diawasi karena terbatasnya jumlah personel.

“Karena itulah, kami berharap semua lintas sektor bisa ikut membantu mengawasi terutama masyarakat sendiri sebagai konsumen dengan meneliti semua produk sebelum membeli,” ujarnya. (hen)

LEAVE A REPLY