8 Makanan untuk Tingkatkan Kecerdasan Otak Anak

0
Ibu Rumah Tangga, dan anak
Ilustrasi. (Foto: Dok/Net)

RILITAS.COM, Kesehatan – Semua orang tua tentunya menginginkan agar sang buah hati tumbuh sehat dan cerdas. Selain kasih sayang dan pendidikan, anak juga membutuhkan nutrisi yang tepat untuk tumbuh kembang dan kecerdasan otak anak. Nutrisi yang tepat dapat membantu meningkatkan memori dan konsentrasi anak.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat Anda berikan kepada si Kecil untuk mendukung tumbuh kembang otak yang optimal:

1. Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan asam lemak esensial omega-3, yaitu DHA dan EPA, yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Selain salmon, beberapa jenis ikan lain yang memiliki manfaat sama adalah tuna, tongkol, sarden, dan lemuru.

Salmon dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan, seperti salmon teriyaki, bubur salmon, nasi goreng salmon, pasta dengan salmon, roti isi salmon, dan berbagai variasi menu lainnya. Berikan anak dua porsi ikan setiap minggunya untuk pertumbuhan otak yang optimal.

2. Telur

Sebagai sumber protein yang murah dan mudah didapat, telur bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan, mulai dari lauk hingga kue. Selain protein, telur juga kaya akan kolin yang penting untuk pembentukan memori.

Anda bisa mengolah telur menjadi telur ceplok, dadar, orak-arik, roti tawar isi telur, nasi goreng dengan telur, dan makanan lainnya yang disuka si Kecil.

3. Selai kacang

Selain praktis dan lezat untuk dinikmati bersama roti tawar, selai kacang juga mengandung gizi yang baik bagi tubuh. Vitamin E di dalamnya merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, selai kacang juga mengandung vitamin B1 yang dapat membantu sel saraf mengolah glukosa sebagai energi.

4. Oatmeal

Semangkuk oatmeal dapat membantu tumbuh kembang otak anak karena mengandung beragam jenis nutrisi yang dapat membantu kerja otak untuk memulai hari, mulai dari serat, vitamin E, vitamin B, kalium, dan zink.

Anda dapat menyajikan oatmeal dengan susu, yang ditaburi irisan buah pisang atau jenis buah kesukaan si Kecil lainnya.

5. Buah beri

Berbagai jenis buah beri seperti stroberi, ceri, blueberryblackberry, dan raspberry sangat kaya akan antioksidan seperti flavonoid dan vitamin C. Beberapa studi menemukan bahwa anak yang mengonsumsi buah beri secara rutin mengalami peningkatan memori yang signifikan dari sebelumnya.

Anda dapat menyajikan buah beri dalam bentuk jus, dibuat menjadi smoothie, popsicle, atau dijadikan taburan pada oatmeal.

6. Kacang-kacangan

Meskipun ukurannya kecil, kacang adalah makanan yang kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tumbuh kembang otak si Kecil. Kacang mengandung serat, vitamin, mineral, dan asam lemak esensial omega-3 jenis ALA yang penting untuk pertumbuhan otak.

Anda dapat membuat kacang merah menjadi sup, atau menyajikan makanan yang disantap dengan saus kacang seperti gado-gado, sate, atau siomay.

7. Susu

Susu merupakan minuman favorit sebagian besar anak. Selain merupakan sumber protein dan kalsium, susu juga kaya akan vitamin B dan karbohidrat yang dapat menyediakan energi untuk otak.

Selain susu, produk yang terbuat dari susu juga dapat menjadi alternatif, seperti keju dan yoghurt.

8. Daging merah

Sebagai sumber utama zat besi, asupan daging merah penting untuk membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus si Kecil. Selain itu, daging merah juga mengandung zink yang penting untuk meningkatkan memori anak. Hati-hati, kekurangan zat besi dapat menurunkan IQ si Kecil.

Untuk meningkatkan penyerapan zat besi, Anda dapat memberikan makanan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, tomat, pepaya, paprika, dan stroberi.

Nah, itu dia berbagai jenis makanan yang dapat membantu tumbuh kembang anak lebih optimal. Pastikan agar anak juga mengonsumsi berbagai macam variasi makanan, agar gizi yang ia dapatkan lengkap dan seimbang. Dengan asupan yang baik, kecerdasan otak anak pun dapat dimaksimalkan. (np/rvs)

Sumber: Klik Dokter

LEAVE A REPLY