Ketegangan AS-China Akan Berdampak ke Negara Berkembang

0
Presiden Donald Trump. (Foto: Dok/Net)

RILITAS.COM, InternasionalSikap Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Presiden Donald Trump yang kerap memicu ketegangan dengan China, dianggap akan sangat berdampak bagi negara-negara berkembang. Hal ini mengingat China merupakan negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia.

“Jujur saja jika Trump memusuhi China, ini akan berdampak pada negara lain khususnya negara berkembang. Kita bisa lihat nilai perdagangan AS dengan China itu nilainya cukup besar dibanding negara lain di dunia,” kata pengamat hubungan internasional Universitas Paramadina, Dinna Wisnu di Jakarta Pusat, Selasa, 24 Januari 2017.

Berdasarkan data yang dipaparkan dalam forum Foreign Policy Community Indonesia, nilai perdagangan China dengan AS pada tahun 2014 lalu tercatat mencapai nilai US$59 miliar. Sementara dengan Jepang, nilai dagang tersebut hanya setengah dari AS, yakni US$30.7 miliar.

“Kalau dilihat dari data ini maka sikap permusuhan AS ini akan berdampak besar. Untuk itu jika sampai Amerika pisah dengan China, hal itu akan menjadi masalah bagi negara adidaya itu sendiri. Trump harus benar-benar memperhatikan ini,” kata Dinna.

Seperti diketahui hubungan China dengan negara lain, termasuk Indonesia memang terhubung dalam berbagai sektor. Menurut Dinna, banyak kerja sama yang telah dilakukan, termasuk dalam hubungan people-to-people. Untuk itu, Indonesia diharapkan dapat menyeimbangkan dan mempertahankan hubungan yang ada.

“Indonesia sepertinya akan sukses dalam hubungan perekonomian. Kita berharap Presiden Jokowi dapat menyelesaikan kerja sama investasi dengan beberapa negara, termasuk China dan Amerika,” ujarnya.

Sumber: Viva

LEAVE A REPLY