Trump Larang Warga Korut Masuk AS

0
Begitu banyak ucapan kontroversial yang sering dilontarkan Trump. Sosok calon presiden Amerika Serikat itu pun kerap dilabeli sebagai sosok misoginis. (REUTERS/Mike Segar)
Donald Trump

RILITAS.COM, Internasional – Presiden Donald Trump melarang warga Korea Utara masuk ke Amerika Serikat melalui regulasi pengganti aturan imigrasi kontroversialnya yang ditentang karena dianggap diskriminatif.

Hal ini dipastikan setelah Trump memasukkan nama Korut, Venezuela, dan Chad ke daftar negara dalam aturan larangan imigrasinya, menyusul Iran, Libya, Suriah, Yaman, dan Somalia.

Berbeda dengan aturan sebelumnya, regulasi baru ini tidak asal melarang warga satu negara masuk ke AS, tapi berdasarkan kerja sama bangsa itu dengan mandat keamanan Amerika.

“Korea Utara tidak bekerja sama dengan pemerintah Amerika Serikat dalam semua hal dan gagal memenuhi persyaratan berbagi informasi,” demikian bunyi proklamasi Trump.

Sebagaimana dilansir Reuters, larangan bepergian ini akan berlaku pada 18 Oktober mendatang, menggantikan aturan lama yang ditentang oleh banyak pihak, termasuk pengadilan, setelah diterapkan Maret lalu.

Aturan ini disepakati setelah Trump menerima rekomendasi dari Menteri Dalam Negeri, Elaine Duke, dan berkonsultasi dengan Jaksa Agung, Jeff Sessions, juga Menteri Luar Negeri, Rex Tillerson.

Setelah serangkaian konsultasi itu, Trump berkata, “Lebih ketat, lebih baik.”

Aturan imigrasi kontroversial Trump sebelumnya hanya melarang warga dari enam negara mayoritas Islam untuk masuk ke AS dengan alasan keamanan, tanpa merinci ancaman yang ada.

Regulasi itu pun ditentang oleh banyak pihak. Sejumlah pengadilan federal di beberapa negara bagian bahkan memblokir aturan tersebut, meski akhirnya diberlakukan kembali pada Juni lalu dengan serentetan ketentuan khusus. (has/cnn)

LEAVE A REPLY