Rouhani: Trump Mau Gulingkan Pemerintahan Iran

0
Presiden Iran Hassan Rouhani dalam sidang umum PBB, Selasa (25/9). (Foto: REUTERS/Shannon Stapleton)
Presiden Iran Hassan Rouhani dalam sidang umum PBB, Selasa (25/9). (Foto: REUTERS/Shannon Stapleton)

RILITAS.COM, Internasional – Presiden Iran Hassan Rouhani menuduh Presiden Amerika Serikat Donald Trump mencoba menggulingkan pemerintahnya dalam sidang umum PBB. Rouhani mengungkapkan saat ini dia tengah ‘menuangkan air dingin’ dalam gagasannya untuk melanjutkan pembicaraan dengan Washington setelah penarikan dari kesepatakan nuklir internasional.

“Sungguh ironis bahwa pemerintah AS bahkan tidak menyembunyikan rencananya untuk menggulingkan pemerintah yang sama yang diundangnya untuk melakukan pembicaraan,” kata Rouhani dalam pidato di Sidang Umum PBB, Selasa (26/9/2018).

Rouhani menegaskan bahwa keamanan internasional bukan ‘mainan’ politik domestik AS.

“Saya menyatakan dalam pertemuan ini, dengan tegas, bahwa masalah keamanan internasional bukanlah mainan dalam politik domestik Amerika.”

Rouhani naik podium beberapa jam setelah Trump menyerukan isolasi Iran di alamat PBB-nya. Trump pun menuduh pimpinan Iran menabur “kekacauan, kematian dan kehancuran” saat dia membela keputusannya untuk mencabut kesepakatan nuklir Iran.

Pemimpin Iran itu mengatakan dia senang bahwa komunitas internasional tidak mengikuti “penarikan sepihak dan ilegal” dari JCPOA oleh pemerintah Trump.

“Sanksi sepihak yang melanggar hukum itu sendiri merupakan bentuk terorisme ekonomi,” kata Rouhani.

Dalam pidatonya di PBB tahun lalu, Trump memutuskan perjanjian nuklir dan menandakan bahwa Amerika Serikat siap untuk pergi. Trump dan Rouhani menolak untuk bertemu di sela-sela sidang Majelis Umum. (age/cnn)

LEAVE A REPLY