Trump Terima Surat ‘Spesial’ dari Kim Jong-un

0
Presiden AS Donald Trump dan pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un. (REUTERS/Jonathan Ernst)
Presiden AS Donald Trump dan pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un. (REUTERS/Jonathan Ernst)

RILITAS.COM, Internasional – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan dia telah menerima surat ‘luar biasa’ dari Kim Jong-un. Trump mengungkapkan surat tersebut terdengan optimis mengenai kepastian KTT kedua dengan pemimpin tertinggi Korea Utara tersebut.

“Ketua Kim melihat masa depan yang bagus untuk Korea Utara,” kata Trump kepada wartawan di New York di sela-sela Sidang Umum PBB, Rabu (26/9/2018).

Trump pun mengungkapkan penantiannya terhadap KTT kedua mereka.

“Kami menantikan KTT kedua kami yang akan berlangsung, saya yakin cukup cepat.”

Dalam sidang umum hari pertama, Trump memuji Jong-un atas keberaniannya melakukan kesepakatan denuklirsasi, tapi ia menegaskan bahwa sanksi Amerika Serikat untuk Korea Utara masih berlaku hingga perlucutan senjata nuklir itu benar-benar terjadi.

“Saya ingin berterima kasih kepada Pemimpin Kim atas keberaniannya mengambil langkah, meski masih banyak yang harus dilakukan,” ujar Trump dalam pidato di sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, Selasa (25/9).

Melanjutkan pernyataannya, Trump berkata, “Sanksi akan tetap berlaku hingga denuklirisasi terjadi.”

Pernyataan Trump ini sangat bertolak belakang dengan pidatonya sendiri di hadapan sidang Majelis Umum PBB. Saat itu, Trump sangat geram dengan uji coba rudal yang dilakukan beberapa kali sepanjang 2017.

Namun memasuki tahun 2018, Trump dan Kim melunak hingga akhirnya mereka bertemu untuk pertama kalinya di Singapura pada 12 Juni lalu.

Salah satu hasil pertemuan tersebut adalah kedua negara sepakat untuk mewujudkan Semenanjung Korea yang bebas nuklir. (age/cnn)

LEAVE A REPLY