141 Fasilitas Kesehatan di Banten Siap Layani Pemudik

0
Pemudik berdesak-desakan memasuki bus di terminal kawasan Pelabuhan Bakauheni, Lampung. . (Foto: Kristiani Ali/Antara)
Ilustrasi Mudik.(Foto:Dok/Net)

RILITAS.COM, Serang – Sebanyak 141 fasilitas kesehatan yang terdiri dari 106 puskesmas, 17 Rumah Sakit (RS), dan 18 klinik yang bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan siap melayani para pemudik yang berada di Kabupaten Serang, Kota Serang, Kabupaten Lebak, Pandeglang, hingga Kota Cilegon.

Bagi peserta JKN-KIS dari luar daerah, kemudian mengalami sakit di Banten, maka mereka tetap bisa menggunakan kartu BPJS Kesehatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Peserta JKN-KIS yang sedang mudik, membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota, dapat mengunjungi fasilitas Kesehatan (Faskes) yang bekerjasama dengan BPJS,” kata Khaterine Manurung, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Serang, saat ditemui dikantornya, Senin (27/05/2019).

Khaterine menerangkan kalau faskes terdekat, seperti puskesmas tutup, maka bisa mendatangi IGD RS terdekat untuk mendapatkan pelayanan media dasar. Pelayanan hanya bisa dilakukan bagi peserta JKN-KIS aktif, yant rutin membayar iuran.

“Pada kondisi darurat, seluruh faskes wajib memberikan pelayanan kepada peserta JKN-KIS. Faskes juga tidak diperkenankan menarik iuran biaya dari peserta,” terangnya.

Bagi pemudik yang tidak membaw kartu BPJS Kesehatannya, tetap bisa mendapatkan pelayanan dari faskes dengan menunjukkan KTP.

“Selama masih aktif, dengan menunjukkan KTP nya, tetap bisa mendapatkan pelayanan kesehatan,” ujarnya. (red)

LEAVE A REPLY