Banten Lama Diserbu Penziarah

0
Banten Lama

RILITAS.COM, Serang – Kawasan wisata religi Banten Lama dipadati ribuan peziarah dari berbagai daerah. Para pengunjung sengaja menikmati masa liburan Lebaran 2017 dengan berziarah ke makam Sultan Maulana Hasanudin.

Berdasarkan pantauan, kemarin (27/6/2017), para peziarah memadati kawasan Banten Lama hingga menimbulkan kemacetan kendaraan. Sejak pagi hingga siang hari, ruas jalan Serang-Kasemen mengalami kemacetan sepanjang empat kilometer. Antrean kendaraan panjang itu akibat adanya perbaikan jalan sehingga petugas kepolisian melakukan buka tutup.

Selain dari wilayah Provinsi Banten, para penziarah yang datang juga berasal dari berbagai kota di luar Banten, seperti Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung.

Siti Aminah (45), warga Bandung, Jawa Barat mengaku dirinya rutin berziarah ke makam penyebar agama Islam di Tanah Air itu (Sultan Maulana Hasanudin). Ia datang bersama rombongan majelis taklim di kampungnya di Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung.

Selain berziarah juga melihat museum kepurbakalaan pada abad 16 sebagai peninggalan sejarah Sultan Maulana Hasanudin. Pada kesempatan itu, dia melihat-lihat koleksi yang dipajang sebagai bukti sejarah di tempat itu seperti beragam jenis senjata, gerabah, keramik, dan juga koin mata uang kuno.

“Kami setelah lebaran 3 hari rutin setiap tahunnya. Kami merasa tenang dan nyaman jika berziarah ke makam Sultan Hasanudin yang berlokasi di kawasan Banten Lama,” katanya.

Hal senada dikatakan Samun (50), peziarah dari Rangkasbitung Kabupaten Lebak. Ziarah ke Banten Lama, katanya, tradisi yang sudah lama dilakukannya bersama keluarga.

“Saya asli Banten, tentu melakukan ziarah sudah menjadi tradisi keluarga,” ujarnya.

Selain ziarah ke makam sultan dan melihat peninggalannya di museum, para peziarah juga menikmati keunikan Masjid Agung Banten Lama. Para penziarah menaiki menara Masjid  dengan ketinggian sekitar 100 meter.

Pengelola Masjid Agung Banten, Tubagus Abbas, mengatakan bangunan Masjid Agung ini  berusia ratusan tahun yang didirikan oleh Sultan Maulana Hasanuddin.

“Saat ini, bangunan Masjid Banten Lama, termasuk menara masih kuat dan kokoh,” katanya.

Sultan Maulana Hasanudin adalah putra Sunan Gunung Jati dan makamnya hingga saat ini selalu ramai dikunjungi para peziarah, setiap Idul Fitri dan Ramadhan. Diprediksi jumlah pengunjung sampai H+3 mencapai 15 ribu orang.  (red/man)

LEAVE A REPLY